Apa yang ada dalam pikiran kalian jika mendengar kata “Komikus”? Orang-orang yang suka mantengin layar laptop selama berjam-jam dengan jari yang menari-nari di atas sebuah pentab? Atau yang sering menghabiskan seharian penuh di kamar, bergulat dengan puluhan kertas, pensil, penghapus, spidol warna dan alat-alat gambar lainnya?

Ya, apapun yang kalian pikirkan itu adalah benar. Seperti sebuah profesi, komikus berawal dari hobi menggambar serta menonton anime yang diputar pada layar kaca, membaca manga yang ada pada toko buku setempat, maupun sekedar melihat coretan fan art yang orang-orang share di internet. Diketahui, hal-hal tersebut yang umumnya mengantarkan seorang komikus ke ranah yang setingkat lebih tinggi, beralih dari hanya penggemar biasa menjadi pembuat yang hebat. Akan tetapi, tahukah kalian bahwa para komikus di Indonesia itu yang terbaik sedunia? Atau setidaknya, berkemampuan tidak kalah dengan komikus mancanegara?

Komikus

Berikut adalah faktanya.

Pada tahun 2015 lalu, Line, sebuah raksasa messenger dunia, meluncurkan aplikasi sebagai wadah untuk para komikus yang tersebar di pelosok dunia mana pun, termasuk Indonesia, bernama LINE Webtoon.

Tanpa persyaratan dari latar belakang apa, lulusan apa, dan sebagainya. Line dengan aplikasi LINE Webtoon tersebut membuka kesempatan bagi siapa saja yang bisa membuat komik untuk mejeng karyanya di website official mereka Webtoons.com. Siapa yang tidak ngiler coba, komiknya dibaca oleh seluruh penduduk dunia dan dapat upah pula? Komikus-komikus dari belahan bumi pun berlomba-lomba menciptakan komik yang menarik untuk mengisi LINE Webtoon, begitu juga Indonesia. Dari yang masih awam, atau yang sudah mastah kut andil menyemarakkan ajang tersebut. Sebab itu, LINE Webtoon sukses dan diunduh lebih dari satu juta pengguna ponsel android di Google Play, meraup untung yang sangat besar. Karena kesuksesan tersebut, akhirnya Line mengadakan LINE Sticker Contest dan LINE Webtoon Contest pada pertengahan 2015 lalu untuk menghargai jerih-payah para komikus, khususnya Nusantara kita.

Polling_Komik

Terdapat 10 pemenang untuk LINE Sticker Contest yang diurut berdasarkan hasil voting para pengguna LINE:

  1. Junaidi Lim – Judul Stiker: Sarita, Gadis Dayak
  2. Rizka Amalia – Judul Stiker: Anak Kos
  3. Donny Rakhman – Judul Stiker: Jamu Gendong Mbok De
  4. Bob Raigen – Judul Stiker: Wayang Cilik
  5. Emily & Imo – Judul Stiker: Kulkas Indo
  6. Ayu Shabrina Soewandi – Judul Stiker: Syerin Saraswati
  7. Hellen Mores – Judul Stiker: Duwa Wang
  8. Kevin Ho – Judul Stiker: Si Satpam Komplek
  9. Mochammad Pungky Noor – Judul Stiker: Capit Si Sandal Jepit
  10. Melvina Oktavianti – Judul Stiker: Si Onjal Ondel Jalanan

Nah, untuk pemenang LINE Webtoon Contest, dari sekian ratusan komik yang komikus Indonesia buat dan masuk meja redaksi Line, ada tiga urutan juara. Satu orang pemenang pada juara 1, dua orang pemenang pada juara 2, dan tiga orang pemenang pada juara 3.

Tiga orang pemenang pada juara 3 di antaranya adalah Afit dengan judul komik “No Homo”, Vega & Satria dengan judul komik “Nusantara Droid War”, dan Angelina dengan judul komik “Alice”.

Dua orang pemenang pada juara 2 di antaranya adalah Archie the Red Cat dengan judul komik “Eggnoid” dan Chyntia dengan judul komik “Flawless”.

Dan Totetoeettt…!! *ceritanya suara terompet* Satu orang pemenang pada juara 1 ialah Annisa Nisfihani dengan judul komik My Pre-Wedding.

Komik_My-Prewedding

Wow, komikus asal kota Tenggarong ini menyabet gelar juara 1 dalam penghargaan hebat tersebut, mengalahkan ratusan komikus lain dan membawa pulang senilai Rp. 170 juta. Selain itu, ia juga dikontrak oleh pihak Line untuk menjadi salah satu kontributor tetap yang mengisi komik di Line Webtoon. Sebelumnya ia memang sudah mengeluarkan beberapa karya buku komik, seperti ‘Geng Bokek’ (Elex Media), ‘Notice – Love Mate’ (Darmizan), dan ‘Me vs Big Slacker Baby’ (Re:On Comics).

My-Prewedding sendiri adalah sebuah komik digital yang sebenarnya dibuat Annisa karena iseng. Bercerita tentang dua tokoh pria dan wanita yang saling mencintai. Tokoh pria bernama “Adimas” yang sering dipanggil “Mas” dan tokoh wanitanya adalah “Adelia” yang suka dipanggil “Adek”. Hubungan romansa mereka berawal dari sebuah kejadian yang konyol. Suatu hari ketika Adimas sedang berjalan sendirian, dia mendapati seekor kecoak berada di hadapannya. Tentu saja Adimas yang dari awal memang fobia terhadap makhluk kecil itu segera merinding ketakutan. Tapi karena gengsinya yang besar, Adimas tetap berusaha cool sambil menunggu kecoak itu menyingkir. Namun takdir berkata lain rupanya, bukan pergi dari hadapan, sang kecoak malah mengepakkan sayap dan hampir menerjang Adimas. Sontak hal tersebut membuat cowok yang berprofesi sebagai PNS itu merinding dari bawah kaki sampai ujung rambut. Akan tetapi rasa takutnya segera hilang tatkala melihat seorang wanita cantik yang dengan spontan menampar kencang kecoak tersebut hingga lenyap ke langit. Wanita cantik yang berpakaian PNS juga tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah Adelia. Adimas pun jatuh cinta pada pandangan pertama, serta-merta ingin menjadikan Adelia sebagai tunangannya. Cerita kemudian berlanjut di Line Webtoon.

Adimas_Takut_Kecoa-01

Sedikit Biografi Annisa Nisfihani :

Nama Lain : Sayuko

Tanggal Lahir : 9 Maret

Jenis Kelamin : Perempuan

Golongan Darah : A

Kota Asal : Tenggarong, Kutai Kartanegara

Situs Web :

FacebookDevian Art, YoutubeSound Cloud

Pendidikan :

  1. SMP Negeri 3 Tenggarong (Lulus tahun 2004)
  2. SMU Negeri 2 Tenggarong (Lulus tahun 2007)
  3. Universitas Negeri Mulawarman, Fak. Ekonomi, Jurusan IESP (2013)

Event yang pernah diikuti :

  1. Anicult (Surabaya, 2013)
  2. Mangafest (Yogyakarta, 2014)
  3. Hellofest 10 (Jakarta)
  4. Re:CON (Jakarta)
  5. Mangafest (2015)
  6. LINE Webtoon Contest (Jakarta, 2015)

Berdasarkan banyaknya pujian yang Annisa dapat oleh khalayak ramai, seperti yang dikutip Harian Kabar Kompasiana dan situs kutaikartanegaranews.com, Annisa disebut-sebut sebagai salah seorang komikus dari Indonesia yang kemampuannya terbaik sedunia dan setara dengan para komikus luhur Jepang seperti Gosho Aoyama pembuat komik Conan dan Masashi Kisihimoto author dari Naruto.

Hebat, bukan? Adakah dari Akiba-chan dan Akiba-kei sekalian yang ingin setingkat lebih tinggi seperti mbak Annisa? Selain dapat kepopuleran yang pastinya membuat kita terlihat keren, juga mendapat royalti berupa fulus.

Semua pada tahu kan apa itu fulus? Fulus adalah sejenis mentega berwarna hijau yang mempunyai rasa pedas dan biasanya disajikan dalam mangkuk kecil pada makanan sushi.

Oke, wasallam. *ditabok pembaca*

Oh iya, sekedar informasi tentang Annisa Nisfihani. Dulunya ia hanya sosok bocah kecil perempuan yang suka sekali menonton kartun Doraemon dan anime-anime lain tiap hari minggu pada salah satu channel televisi swasta secara maraton. Annisa juga mengaku sering menggambar tokoh-tokoh tersebut pada sebuah buku gambar. Walau hanya sekedar coretan yang amburadul nan abstrak, dia bilang merasa sangat senang. Dia suka memamerkan hasil karyanya itu pada anggota keluarga serta teman-temannya di sekolah. Bagi Annisa, kunci kesuksesan adalah sesuatu yang mudah untuk digapai jika melibatkan perasaan ‘cinta’. Dengan begitu, hal yang dikerjakan tidak menjadi beban sama sekali, malah menjelma sebagai sesuatu yang sangat menggembirakan. Seiring dengan berjalannya waktu, kemampuan pun akan semakin terasah, kian tajam dan dapat membelah apapun yang ada. Meski itu beton baja yang terdapat pada dinding pembatas di kota China.

Yang mau baca komik My-Prewedding karya Annisa Nisfihani atau komikus lain, bisa kunjungi Webtoons.com. Di sana banyak komik-komik keren yang komikus nusantara buat atau komik-komik lainnya yang komikus pelosok dunia ciptakan. Sudah diterjemahkan oleh penerjemah mumpuni kok. Selain kita terhibur, kita juga bisa sekalian men-support para komikus yang negara kita ini punya dengan membaca karya-karyanya. Banyaknya viewer akan dijumlahkan oleh pihak Line dan kemudian dikalkulasi menjadi royalti atau fee atau fulus atau… terserah kalian mau manggil apa. *nyengir*

Yang penting, happy reading dari saya! Wassalam. ^_^

SHARE
Previous articleUpdated! Terraformars Live Action Full Gore Sesuai Dugaan
Next articleMakna di Balik 5 Tatto Populer di Jepang
Winata SilenceAngelo merupakan seorang penulis remaja yang lahir pada 3 September 1997 di kota Karawang. Kecintaannya terhadap diksi yang melankolis serta menyentuh mengantarkannya ke dunia kepenulisan. Pada umurnya yang masih sangat muda ini, ia berhasil meraih beberapa penghargaan sastra serta menjadi kontributor dari buku-buku puisi. Menurut Winata, dalam sebuah naskah, entah itu novel, cerpen, esai, puisi, atau sekadar kata-kata, yang terpenting adalah unsur amanat. Seperti ketajaman pada ujung mata pedang, amanat merupakan apa yang menjadi tolak ukur suatu seni. Di sanalah segala dari pemikiran sang penulis bermuara, hingga kemudian menunjukan keindahannya dengan sangat artistik.
  • マユナ マリン

    Bangga bangeeeeettt… komiknya mbak sayuko selalu fresh ceritanya hahahaha

  • gue baru tahu kak sayuko punya komik di webtoon ;w; /kudet webtoon/
    pantesan gambarnya familiar banget.. selamat buat kak sayuko :3

  • ran aja

    Salah satu terbaik sedunia? Oke, gue gak setuju. Pernah baca 5 Menit Sebelum Tayang? Menang juara 2 kontes manga internasional dan kurasa itu lbh bagus, baik dr sisi style gambar, story telling, maupun konten cerita yg menyuguhkan budaya indonesia. Dulu pernah muncul di makko.co, skrg ganti jadi kosmik.co.id.

    Gue rasa mbak anisa lbh populer krn konten yg ia suguhkan adalah romance dan di webtoon pula terbitnya, jd mudah diterima dari mulai anak kecil sampe orang dewasa yg punya gadget.

    Author, coba baca dulu Re:On dan Kosmik Mook, aku rasa masih buanyaaaak komikus lain yg lebih dari mbak anisa. Bukan maksud merendahkan mbak anisa ataupun meragukan kemampuannya, tapi salah satu terbaik dunia? Belum.

    • mecha

      Setujuu.. walau saya adalah fans mbak sayuko, dan dia memang komikus yg patut diancungi jempol, berlebihan rasanya kalau bilang beliau adalah yg terbaik di dunia.. dari segi cerita juga sebenarnya kan sederhana jd kalau disamakan dengan aoyama gosho dan masashi kishimoto (yg ceritanya cukup kompleks/rumit) kayanya lebay dehh. Masih banyak komikus indonesia yg gakalah keren dari mbak sayuko xD tapi tentu aja mbak sayuko juga keren kok. XD cuma memang di Indonesia Genre Romance, slice of life dan humor lebih populer dibanding Mistery, fantasy, sci-fi, jadi tepat untuk mbak sayuko menjadi betapa populer di Indonesia.. kalau disebut salah satu komikus Shoujo (genre buat cwe semacan romance, slice of life, high school) terbaik di Indonesia, saya setuju wkkk.. kalau didunia? Dan hanya sbgaia “komikus” tanpa genre “shoujo” itu krg cocok xD