Indonesia Comic Con (ICC) 2015 sukses diselenggarakan, 14-15 November 2015 di Jakarta Convention Centre, Jakarta. Mengusung tema “We are Pop Culture“, ICC berhasil menyedot ribuan penggemar budaya populer mulai dari kolektor mainan, fans berat AniManga, pecandu film, serta penikmat seni populer.

Kegiatan di hari pertama, pengunjung dihidangkan dengan talkshow panel StarWars, V-Project, dan Re:ON. Pada kesempatan tersebut Re:ON merilis beberapa judul komik barunya yang akan hadir pada edisi mendatang, diantaranya Galau Man Season 2, Iriana, dan Tawur. Selain itu Re:ON membawakan idola dari Jepang yang kisahnya diangkat dalam sebuah komik strip oleh Re:ON (My Teacher is an Idol), yaitu faint*star.

Perilisan cover edisi khusus majalah komik Re:ON dan performance dari faint*star
Perilisan cover edisi khusus majalah komik Re:ON dan performance dari faint*star

Kehadiran Kenji Ohba, salah satu seorang legend pada dunia Tokusatsu telah ditunggu-tunggu oleh fansnya. Pada sesi meet & greetnya saja, banyak pengunjung yang mengantri hingga 2 jam hanya demi mendapatkan tanda tangan eksklusif dan kesempatan berfoto bersama dengan sang Legend. Jangan lupa Katakan “Hello!” pada Hello Kitty! Para penggemar baik tua maupun muda juga terlihat antusias untuk dapat bertemu dan berfoto bersama Hello Kitty di main stage Indonesia Comic Con.

Momen Meet & Greet Kenji Ohba dan Meet & Greet hello Kitty di main stage ICC
Momen Meet & Greet Kenji Ohba dan Meet & Greet hello Kitty di main stage ICC

Penonton dibuat terpukau dengan pertunjukkan seni lukis dari Secret Walls yang diiringi dengan backsound music yang dimainkan oleh sasakure.UK. Acara hari pertama diakhiri dengan penampilan spesial dari TAMusic, seorang musisi violin Nico-Nico Douga yang membawakan lagu-lagu soundtrack anime favorit para pecinta AniManga.

Baris atas : Penampilan Secret Walls diiringi dengan irama dari sasakure.UK Baris Bawah : Penampilan TAMusic yang sangat menghayati permainannya
Baris atas : Penampilan Secret Walls diiringi dengan irama dari sasakure.UK
Baris Bawah : Penampilan TAMusic yang sangat menghayati permainannya

Keseruan terus berlanjut di hari kedua, dimana kegiatan di main stage dipenuhi dengan talkshow panel para pelaku di industri seni popular, seperti David Mack, Simone Legno, Touma, dan para guest star lainnya. Terkutip pada saat talkhow David Mack, ia mengatakan bahwa untuk bisa menciptakan karya yang besar dan sukses, proses dan kegagalan terus-menerus memang harus dihadapi dengan begitu kita bisa mencoba terus meningkatkan apa yang kita miliki.

5

Suasana memuncak pada saat penampilan memukau dari sasakure.UK dan Yuyoyuppe yang membawakan tembang anisong andalan mereka pada sesi DJ Night. Riuh penonton mengguncang venue main stage saat mereka bernyanyi dan berloncat bersama diiringi dengan permainan DJ dari sasakure.UK dan Yuyoyuppe.

sasakure.UK membawakan lagu-lagu vocaloid ciptaanya yang sudah terkenal seantero dunia. Suasana semakin memuncak ketika ia memutarkan Just Be Friend, salah satu lagu yang mengangkatnya sebagai master of vocaloid song. Di akhir penampilannya, ia berduet dengan Yuyoyuppe.
sasakure.UK membawakan lagu-lagu vocaloid ciptaanya yang sudah terkenal seantero dunia. Suasana semakin memuncak ketika ia memutarkan Just Be Friend, salah satu lagu yang mengangkatnya sebagai master of vocaloid song. Tidak lupa ia juga membawakan lagu-lagu soundtrak tokusatsu yang terkenal. Di akhir penampilannya, ia berduet dengan Yuyoyuppe memainkan salah satu lagu Vocaloid.
Yuyoyuppe yang juga terkenal sebagai DJ'TEKINA//SOMETHING dan juga produser Baby Metal tidak hanya membawakan lagu-lagu Anisong dan Vocaloid, tapi juga lagu barat. Dentuman lagu yang dibawakan semakin membuat penonton menari dan berloncat.
Yuyoyuppe yang juga terkenal sebagai DJ’TEKINA//SOMETHING dan juga produser Baby Metal tidak hanya membawakan lagu-lagu Anisong dan Vocaloid, tapi juga lagu barat. Dentuman lagu yang dibawakan semakin membuat penonton menari dan berloncat.

Acara yang ditunggu pun tiba, malam kompetisi Championship of Cosplay. Sebuah ajang pertandingan para peserta Cosplay berkompeten yang memperebutkan tiket menuju Chicago untuk menjadi perwakilan Indonesia pada perhelatan dunia, Crown Championships of Cosplay di ajang Chicago Comic & Entertainment Expo (C2E2) 2016. Penjurian dilakukan oleh Nicole Marie Jean, Olivie V-Project, Pinky Lu Xun, dan Rizky Octavianus

8

Tidak hanya dipenuhi dengan para exhibitor yang menjual produk koleksi, tapi pengunjung juga dimanjakan dengan exhibitor yang menawarkan pengalaman menarik seperti Red Diorama, Hello Kitty World, StarWars Gallery, dan masih banyak lainnya. Pengunjung tidak hanya terdiri dari orang awam, namun juga para cosplayer. Kesan menyenangkan diberikan kepada para pengunjung untuk membuat dunia pop culture yang mereka senangi menjadi nyata, sehinggt tidak ada penyesalan ketika mereka harus kembali ke dunia nyata.