Kolaborasi projek antara dua Negara bukanlah hal yang asing. Sudah lumayan banyak projek seperti itu dilakukan, dari berbagai bidang dan bentuk. Begitu juga pada anime. Sudah banyak anime yang dibuat dengan kolaborasi antara Jepang dan Negara lain. Mulai dari China, Filipina, bahkan Negara barat. Nah sekarang industri anime akan mendapatkan karya semacam itu lagi, Indigo Ignited, anime kolaborasi unik & keren buatan Amerika.

Amerikat Serikat dan Jepang memang sudah lumayan erat bekerja sama dalam bidang industry animasi. Salah satu pengaruh gaya anime adalah animator barat macam Walt Disney. Dan ada juga projek seri animasi dari barat yang beberapa bagiannya dianimasi oleh studio anime Jepang, seperti Batman Animated Series keluaran tahun 90an, yang juga melibatkan studio anime TMS.

Tak heran jadinya kalau projek macam anime Indigo Ignited ini bisa ada. Tapi ada yang agak unik untuk projek yang ini. Anime Indigo Ignited adalah projek pertama dari studio anime D’Art Shtajio. Studio ini unik, karena walau ini studio anime yang bermarkas di Jepang, tapi studio ini sebenarnya adalah studio Amerika. Dan ada banyak staff yang merupakan orang barat.

Orang-orang barat yang terlibat dalam projek dan studio ini juga tak hanya punya skill sebagai animator, tapi juga memiliki pengalaman terlibat dalam pembuatan anime di Jepang loh. Contohnya sang sutradara, Henry Thurlow, yang sebelumnya bekerja untuk studio anime Bang Bang Animation, dan juga terlibat dalam anime macam Naruto Shippuuden dan Tokyo Ghoul.

Henry juga adalah pendiri studio D’Art itu sendiri, bersama Arthell Isom dan Darnell Isom. Arthell juga menjadi art director dari Indigo Ignited, dan ia telah terlibat dalam anime macam Gintama dan Blood-C. Mereka mendirikan studio tersebut dengan harapan dapat menjadi jembatan antara pihak asing dengan industri anime Jepang.

Kemudian selain mereka, ada Rejean Dubois sebagai character designer, dan David Butler yang menangani musiknya. Original Story dari Indigo Ignited itu sendiri adalah komik indie dengan judul yang sama. Buatan David Pinter dan Samuel Dalton.

indigo ignited anime

Bahkan pengisi suaranya juga memakai voice actor barat, yang juga berpengalaman mendubbing anime Jepang. Ada Nathan Sharp menyuarai karakter Kieran. Sean Chiplock menyuarai karakter Alderman. Dan Amanda Lee menyuarai karakter Galena.

Mayoritas nama penting yang terlibat dalam anime ini bukan orang Jepang. Tapi tentu ada juga orang-orang Jepang yang terlibat dalam projek ini. Seperti storyboard artist, Ashino Yoshiharu, dan Tsubuki Asuka sang animation director.

Anime Indigo Ignited ini sendiri telah merilis pilot video melalui Youtube. Dan direncanakan projek ini akan memakai Kickstarter untuk merilis anime Indigo Ignited dalam bentuk DVD dan Blu-ray. Silahkan ditonton pilotnya 😉

Comments

Loading...