Bar atau cafe bertema Eropa memang sudah ada di negara Jepang apalagi di Tokyo. Contohnya adalah cafe Chamber of Raven yang bertema Medieval European Steampunk Fantasy dengan keindahan yang memukau. Kali ini ditemukan lagi sebuah tempat makan minum bertema Eropa, tapi dengan tema lebih spesifik, Sherlock bar yang dimodelkan berdasarkan kisah detektif legendaris asal Inggris, Sherlock Holmes.

Karakter Sherlock Holmes memang lumayan dicintai oleh dunia animanga Jepang. Contoh yang paling terkenal tentu dari seri animanga Detektif Conan yang menamai dirinya dari pencipta Sherlock, Sir Arthur Conan Doyle.

Detective Conan
Detective Conan

Tapi selain itu ada juga contoh lain macam seri Tantei Opera Milky Holmes yang mencampur Sherlock Holmes dan elemen Moe. Atau seri novel Kyoto Teramachi Sanjou no Holmes yang adaptasi animenya baru saja tamat minggu lalu.

Dan seri live-action Sherlock buatan BBC yang dibintangi oleh Benedict Cumberbatch sebagai Sherlock dan Martin Freeman sebagai Watson juga lumayan populer di Jepang. Sampai dibuat adaptasi manga dari seri live-action tersebut.

Tak begitu mengherankan kalau ada yang kemudian membuka sebuah bar yang memakai detektif terkenal asal Inggris tersebut sebagai tema. Dan bar tersebut baru dibuka sekitar bulan Agustus kemarin, bernama Sherlock House yang berlokasi di Tokyo.

Interior dari bar tersebut memakai desain yang erat dengan Inggris dan Eropa pada abad ke-19. Warna kecoklatan memenuhi tempat tersebut, tapi variasi terlihat dari desain bangku, meja, dan dekorasi yang memenuhinya, yang terlihat nyaman dan elegan. Sampai ada hiasan berupa topi Top Hat yang umum dipakai para pria Inggris abad ke-19.

sherlock bar

Dan tema Sherlock bar juga masuk ke menu yang tersedia. Seperti minuman Sherlockian Highball yang berdasarkan dua minuman favorit Holmes, Whiskey dan soda. Dan ada juga Deluxe Roast Beef dan Roast Beef Sandwich yang berdasarkan makanan favorit Holmes, daging bakar.

Mungkin karena desainnya yang mature dan ketenaran Sherlock BBC, bar ini lumayan terkenal dikalangan wanita Jepang. Tapi tentu para pria bisa datang juga 😉 dan atmosfer bar itu memang terasa bagus untuk dijadikan tempat date. Bagi yang berminat cek Sherlock House bisa juga pesan tempat secara online, dan beroperasi dari jam 5 sore sampai setengah 12 setiap hari kecuali Minggu.

Comments