Cosplay dapat dilakukan banyak orang, bahkan selebriti, dan itu juga termasuk seiyuu. Seperti contohnya yang keren adalah seiyuu veteran Tanaka Rie dan Inoue Kikuko yang tak membiarkan umur mereka yang lumayan tua menghalangi mereka untuk cosplay cantik. Dan contoh yang tak kalah keren baru-baru ini adalah seiyuu Uesaka Sumire, yang dilirik netizen berkat cosplay Touhou Project darinya yang indah.

Uesaka Sumire adalah seiyuu yang terkenal sebagai Dekomori Sanae dalam anime Chuunibyou demo Koi ga shitai dan Shalltear Bloodfallen dari anime OverLord dan juga Isekai Quartet. Ia terkenal sebagai fans negara Russia, dan dapat berbicara bahasa Russia, yang ditunjukkannya dalam perannya sebagai Nonna pada anime Girl und Panzer dan Anastasia pada seri IdolMasters.

Kerennya lagi ia tak hanya aktif sebagai seiyuu, dengan Sumpie juga memiliki karir sebagai penyanyi, dan juga suka modelling, dan bahkan juga suka beraktivitas menggambar dengan sang seiyuu juga punya akun Pixiv. Dan ia juga suka cosplay, yang ditunjukkannya saat ia pernah cosplay sebagai Hakurei Reimu dari Touhou Project beberapa tahun lalu.

Dan sekalian balik ke poin utama, baru-baru ini ia jadi dilirik netizen Jepang, karena ia sekali lagi melakukan cosplay seri Touhou Project. Tapi kali ini karakternya berbeda, dan level kostum dan fotonya lebih tinggi lagi! Dimana Sumipe cosplay sebagai karakter Houraisan Kaguya, sang putri bulan dan antagonis seri Touhou dari game Touhou Eiyashou – Imperishable Night.

Fotonya terlihat anggun, layaknya seorang tuan putri, dan dengan kostum yang terlihat lebih mewah lagi dari desain originalnya, lengkap dengan salah satu senjata karakter itu, Jeweled Branch of Hourai. Foto cosplay tersebut dipamerkan pada website Touhou Garakuta Soushi, yang merupakan website portal berita resmi seri Touhou.

Dan termasuk dengan foto cosplay tersebut, dilakukan juga wawancara bersama sang seiyuu. Dimana dijelaskan kalau ia pertama menemukan seri itu dari NicoNico Douga pada jaman SMP. Dan dari mendengarkan musik Touhou, ia jadi tertarik memainkannya, dimana ia mulai dari game Touhou Koumakyou – Embodiment of Scarlet Devil.

Sayangnya ia tak mampu menyelesaikan game itu karena terlalu susah, karena ia hampir tak ada pengalaman main game shooting Bullet Hell, tapi tetap menyukai seri itu karena musiknya, dengan favoritnya adalah Desire Drive karena itu lagu tema dari stage 4 game Touhou Shinreibyou – Ten Desires dimana karakter Kaku Seiga yang disukainya jadi boss.