Yang namanya industri dan bisnis bisa ada masalah dan naik turunnya. Begitu juga dengan industri entertainment seperti industri anime. Selain masalah seiyuu, industri anime juga dibilang memiliki masalah penurunan income alias pendapatan pada tahun 2009 lalu. Akan tetapi habis gelap terbitlah matahari. Karena dalam laporan keuangan baru-baru ini, dikatakan kalau income Industri Anime Capai Rekor Trilliunan Yen!!

Kabar yang lumayan membanggakan dan menggembirakan ya. Dan kabar ini dikonfirmasikan oleh AJA atau Association of Japanese Animation, sebuah grup industri yang merepresentasikan sampai 100 perusahaan produsen anime.

Menurut laporan dari AJA, total nilai market yang berhasil didapat oleh industri anime pada tahun 2016 ada mencapai 2.009.000.000.000 Yen, memecah rekor dua trilliun untuk pertama kalinya dalam sejarah! Angka itu adalah peningkatan sebesar 9% dari yang sebelumnya. Peningkatan pada tahun 2014-2015 dicatat sebesar 12%, dan pada tahun 2013-2014 sebesar 10%.

Kalkulasi tersebut dilihat pada sembilan area, yang termasuk movie, seri TV, distribusi home video, sampai distribusi luar negeri. Dan mengingat semakin besar dan menyebarnya media anime, tak heran kalau bagian distribusi ke luar negeri menjadi salah satu faktor besar. Diperkirakan angka penjualan distribusi home video macam DVD/Blu-Ray dan distribusi movie mencapai 767 Milyar Yen.

industri anime

Kemudian setelah itu adalah penjualan merchandize dan character goods yang mencapai 562 Milyar Yen. Selain itu, ada juga peningkatan melalui live event, yang terus mengalami peningkatan dari tahun 2013. Kategori tersebut termasuk dari pendapatan Museum, Anime Caffe, konser, stage play dan musical, dan juga Seiyuu event.

AJA mengatakan kalau semakin beragamnya metode untuk menikmati Anime baik dalam negeri maupun luar jadi semakin membuat industri itu berkembang, dengan kepopuleran movie Kimi no Na wa yang mendunia sebagai salah satu contohnya. Wakil komite chairman dari AJA, Masuda Hiromichi, mengatakan kalau dengan semakin masuknya anime ke pasar luar negeri, akan semakin memperbesar industri tersebut kedepannya.

Ini bisa terlihat juga dengan meningkatnya aksesibilitas menonton Anime saat ini bahkan di barat. Dengan adanya website streaming anime secara legal, dan semakin terlibatnya nama besar industri film macam Netflix dalam industri anime.

Bagus deh, mengingat kalau beberapa distributor movie macam Odex terus bekerja keras membawa berbagai movie Jepang ke bioskop di Asia Tenggara termasuk Indonesia. Mungkin dengan ini, jadi semakin banyak event/movie anime yang masuk Indonesia 😉