Mario adalah sebuah nama yang sangat tak asing bagi para gamer. Maskot Nintendo ini sudah memiliki umur yang begitu lama, dari jaman 8bit hingga sekarang ini, dengan game-game yang sangat beragam, mulai dari side-scrolling platform jaman dulu hingga racing, golf, dan lain-lainnya.

Nintendo kemudian membuat satu “game” yang lain lagi dengan memakai Mario ini, yaitu Mario Maker. Game di mana player bisa membuat game, atau lebih tepatnya, sesuai namanya, mendesain level game side-scrolling Mario. Dengan game ini, siapapun bisa membuat level game Mario. Tapi bagaimana jika mereka yang memainkan game ini adalah developer game profesional?

mn9

Itulah pertanyaan yang ditanyakan dan dijawab oleh Polygon. Melalui Channel Youtube-nya, Polygon membuat acara yang berjudul Devs Make Mario, sebuah acara dimana setiap episodenya, mereka mengundang seorang developer game untuk mencoba memainkan game Mario Maker, untuk mendesain level game Mario mereka sendiri.

Acara tersebut telah berjalan satu season, dan mereka juga telah mengundang nama besar seperti Igarashi Kouji dari game Castlevania atau Derek Yu dari game Spelunky. Dan untuk premiere season kedua dari Devs Make Mario ini, mereka mengundang character designer dari game Megaman dan produser untuk beberapa game Megaman lainnya, Inafune Keiji.

Dalam pembuatannya, Inafune mengatakan ia sengaja membuat platform dalam levelnya kecil untuk menantang player, dan memilih untuk memakai desain Mario yang lama dengan bentuk 8bit karena ia ingin membuat levelnya benar-benar terasa retro. Ia berpikir Mario dari game-game yang baru-baru ini terasa terlalu modern. Inafune mengatakan game Mario yang memiliki impact paling besar baginya adalah game Mario yang original untuk konsol NES, yang juga merupakan game Mario paling pertama yang ia mainkan, dan dalam level yang ia buat ini ia berusaha menghubungkan level tersebut dengan game Mario original.

Ia juga berpendapat bahwa game Mario memiliki kontrol yang lebih sensitif dibandingkan game Megaman. Inafune juga mengatakan ia juga berusaha memasukan mekanik dari game Megaman atau game Mighty number 9, karena itu Inafune mengkonsentrasikan dalam memberikan tantangan dalam bagian lompat dalam gameplay levelnya.