kalau ngomongin tentang iklan, Jepang emang nggak bakal kehabisan ide. Demi menarik perhatian para penonton para penggarap iklan di Jepang berlomba-lomba menciptakan sesuatu yang unik dan nggak biasa. Misalnya seperti iklan yang baru-baru ini diunggah oleh Asahi Breweries, Ltd. (アサヒビール株式会社). Iklan dengan durasi hanya lima belas detik saja tersebut berhasil mengocok perut penonton di seluruh jepang bahkan dunia. Sebab dalam iklan tersebut mereka menyajikan adegan kocak dan rada lebay.

Ini merupakan iklan untuk produk minuman Calpis. Calpis sendiri merupakan semacam lini minuman ringan yang memiliki banyak rasa, kadang seperti mineral water, yaghurt, susu, buah-buahan, beer dll. Nah tahun ini mereka mengeluarkan rasa baru untuk Calpis yaitu katanya “sedikit mengandung soda” sehingga terinspirasilah munculnya iklan koplak di bawah ini:

Kalian cuma lihat sekilas? nggak menarik? coba deh klik dulu. Pada tampilan awalnya emang serem kok. Dua kubu keshogunan saling berhadapan. Naik kuda, menggunakan senjata lengkap dan baju zirah masing-masing. Mengacungkan senjata ke arah musuh di ikuti oleh anak buah mereka dengan penuh semangat. Wuuuuushhhhh jangan geger. Setelah adegan itu, bukannya berperang, mereka malah melepas baju zirah berat tersebut dan mengayunkan rambut ke kanan dan ke kiri persis iklan shampo. Baju yang dipakai juga sudah berubah menjadi sepasang kaos oblong gari-garis biru dan kolor krem. Lalu setelah menenggak Calpis mereka menari-nari kayak orang koplak.

calpis

Yah, dari iklan tersebut memang ingin menunjukkan bawah dengan meminum softdrink buatan Asahi Group tersebut kalian akan merasa rileks. Bisa membuat semangat kembali setelah seharian bekerja. Gitu kali ya. Hahaha. Ini baru versi lima belas detik loh. Biasanya bakal ada versi lebih panjang yang menyusul di upload 😀  Selain iklan kocak diatas, ada juga iklan iklan lain yang diunggah melalui official youtube Asahi yang nggak kalah membingungkan plus bikin perut kram. Seperti iklan beer ini contohnya.

Atau yang mendidik semacam ini juga ada. Di dalamnya terdapat penjelasan sangat mendetail mengapa anda harus memilih produk ini. Hadeh hadeh, Asahi ini ya, emang bisa banget kalau bikin iklan biar pelanggannya tetep setia dan nggak pada lari ke produk lain 😀