Minggu ini menjadi momen yang meriah bagi konsol game terkemuka Sony Playstation. Mereka memenangkan penghargaan Guinness dengan menjadi brand home console game terbaik dan juga merayakan umur seri konsol Playstation dan konsol Playstation original yang telah menginjak umur 25 tahun. Tapi kemeriahan untuk jadi terganggu dengan adanya skandal plagiat pada iklan anniversary MV Playstation Lineup yang baru dirilis.

Iklan tersebut dirilis oleh Playstation Japan yang isinya adalah gabungan antara music video dan juga iklan dari jajaran game-game populer yang telah dirilis tahun 2019 ini dan akan dirilis sebentar lagi untuk konsol Playstation 4. Mulai dari Final Fantasy VII Remake sampai Death Stranding.

Akan tetapi pada porsian music video berbentuk animasi ramai penuh warna yang jadi selingan adegan-adegan seru game-game Playstation tersebut, ada yang menemukan kalau animasi tersebut sangat mirip dengan animasi di tempat lain, dan itu bukan hanya homage tapi diduga berupa tracing dan menjadikannya plagiat.

Yang pertama menemukannya adalah animator Ian Jones sang creator dari OK K.O. yang juga telah terlibat dalam beberapa acara animasi macam Steven Universe dan Adventure Time, dan ia menemukan ada adegan di MV itu yang terasa plagiat dari animasi Steven Universe yang dibuatnya, dan setelah itu internet jadi ramai.

Beberapa fans dan animator lain mengecek MV itu dan menemukan kalau ternyata tak hanya Ian Jones saja yang karya animasinya jadi korban plagiat, dengan bahkan animator Jepang Yoshinari Yoh dari studio anime Gainax dan Trigger juga termasuk. Netizen Catsuka dan Okama Sorteos telah membuat kompilasi supercut animasi plagiat itu di Twitter dan Youtube.

Ditemukan kalau pembuat iklan animasi tersebut adalah animator bernama Kevin Bao, dan kasus ini semakin menjadi-jadi dengan ditemukan lagi kalau ternyata beberapa animasi karyanya, yang juga telah memenangkan beberapa festival film sejak tahun 2013, adalah hasil plagiat juga. Kini sang animator telah menghapus keberadaannya dan juga animasi buatannya di dunia maya.

Tentu pihak Playstation Japan telah memberi respon, dengan menghapus iklan animasi tersebut, walau namanya internet, video itu masih bisa ditemukan di beberapa tempat. Produser animasi Eallin Animation yang bekerja dengan Kevin Bao sang animator plagiat itu juga telah merespon.