Memakai anime sebagai iklan sudah banyak dilakukan di Jepang, dari jasa persiapan kuliah sampai roda mobil untuk musim dingin. Iklan macam itu bisa menarik perhatian mereka yang juga fans anime untuk memakai produk atau jasa yang diiklankan. Dan itu juga yang terjadi pada sebuah perusahaan parts mesin. Baru-baru ini dirilis iklan anime Kyoei  Forging di internet, dan iklan tersebut mendapatkan respon positif dari netizen Jepang.

Kyoei Forging Works adalah sebuah perusahaan yang terletak di Prefektur Niigata yang didirikan dari tahun 1930. Perusahaan tersebut bergerak dalam bidang permesinan, memproduksi mesin-mesin untuk berbagai hal dari otomotif, motor, mesin pembangunan, dan lain-lain.

anime kyoei

Dan untuk menarik perhatian orang-orang, mereka membuat sebuah iklan dalam bentuk anime pendek, yang kemudian dipasang juga pada bagian Home website Jepang mereka. Website itu menunjukkan kalau mereka juga memiliki iklan anime lain, tapi yang baru ini yang lebih memukau. Karena bisa dibilang iklan tersebut sukses membuat orang-orang melirik perusahaan tersebut.

Iklan itu awalnya dibagikan oleh cosplayer terkenal Yuu, yang kemudian jadi semakin populer dan menyebar, dan mendapat respon positif dari netizen. Dan itu lumayan wajar karena berbagai hal. Konten animenya bukan berbentuk realistis, melainkan memakai tema Mecha Sci-fi yang begitu kakkoii.

Dan yang luar biasa adalah, Kyoei mengatakan kalau animasinya dilakukan secara Cel Animation, jadi dalam proses animasinya setiap frame digambar tangan, tanpa memakai tambahan efek CG yang umum dalam berbagai anime jaman sekarang.

Menakjubkan melihat kekuatan Cel Animation dalam iklan anime kyoei ini. Menampilkan pertempuran pesawat jet yang terbang dari markas yang melayang di langit, yang kemudian berubah menjadi mecha, yang terasa seperti anime Macross, apalagi dengan animasi Itano Circus. Pemakaian Cel Animation yang umum dipakai anime jaman dulu membuat animasinya juga terasa klasik.

Tapi menariknya, yang menangani iklan ini belum pernah terlibat dalam anime Macross, walau ia tetap seorang veteran. Yaitu animator Kanno Yoshihiro, yang jadi sutradara, key animator, storyboard artist, dan desainer mecha, jet, dan karakternya. Bagi yang jadi fans setelah nonton iklan ini, ia juga terlibat dalam anime SAO Alicization arc yang akan tayang sebentar lagi.

Tapi bukan hanya dia yang terlibat. Ada juga Takayanagi Kumiko, Matsuo Shunsuke, dan Studio Cj. Dan dengan Kobayashi Tetsuya yang menangani musiknya. Bicara soal musik, versi Twitter tidak ada audio, jadi bagi yang mau mendengarkan iklan apik itu dengan suara, bisa ditonton dari Youtube.

Comments