Dulu sempat dibahas bahwa beberapa idol di jepang sudah mulai menerapkan “pilih-pilih” hadiah. Termasuk salah satunya yang paling dilarang dan dihindari adalah hadiah berupa boneka dan makanan. Nah kali ini ada peraturan baru lagi nih yang dicetuskan oleh salah satu agensi disana. Yaitu kewajiban idol jepang tolak seluruh hadiah dari fans. Apapun bentuknya. Kok bisa sih? Begini ceritanya….

Pemberian hadiah kepada sanga idola memang sebuah hal wajar. Kegiatan ini diklaim dapat menunjukkan rasa cinta fans kepada idolanya disamping membeli merch dan karya mereka tentunya. Namun pemberian hadiah seperti itu nggak selamanya dianggap ide baik. Ada kejadian yang membuat para agensi ini siaga. Bukan karena mereka sombong atau nggak menghargai fans. Tapi ini juga berhubungan dengan kelangsungan dan keselamatan idola mereka.

Contohnya nih, bila diberi boneka besar, ada kemungkinan di dalamnya terdapat kamera pengintai atau alat pendekteksi yang dapat merusak privasi idola. Maka dari itu kewajiban idol jepang tolak hadiah berpua boneka juga makin disuarakan. Selain itu, masih berhubungan dengan kasus diatas bisa merembet ke kasus lain. Misalnya dapat mengundang stalker, sampai kejadian buruk yang tak diinginkan. Masih ingat kan kalian sama idol jepang yang ditusuk fans nya sampe meninggal? Ngeri banget….

Peraturan baru yang super ketat ini juga datang dari agensi Batten Showjo-tai. Manager idol dengan 6 member cute tersebut baru saja meresmikan peraturan bahwa mulai bulan ini SELURUH HADIAH dari fans akan DIKEMBALIKAN.

Salah satu MV Batten Showjo-tai:

“Terhitung 1 Maret 2018, kami menerapkan peraturan baru yaitu menolak dan mengembalikan seluruh hadiah untuk member Batten Showjo-tai. Selama ini yang kami banned hanyalah makanan, minuman, dan barang mewah. Namun mulai sekarang apapun bentuknya akan kami tolak.” ujar Satoshi Kojin, sang Manager.

Kedengarannya memang hidoi sih. Tapi coba kalian baca penjelasan lebih lengkapnya. Manager tersebut menambahkan bahwa Batten Showjo-tai merupakan idol yang berisikan member sangat muda belia. Bahkan ada yang masih dibawah umur. Selain alasan keselamatan yang disinggung di paragraf atas, alasan lainnya idol jepang tolak hadiah ini adalah karena kekhawatiran akan pengaruh efeknya.

Batten Showjo-tai memiliki anggota yang masih berusia 14 sampai 18 tahun. Bila mendapat banyak hadiah berupa barang mahal khususnya, ini akan berefek pada perkembangan mental mereka kedepannya.

“Kami juga khawatir dengan pertumbuhan nilai mental dan sosial mereka. Kami tidak ingin mereka tumbuh menjadi idol yang congkak dan antisosial dikemudian hari karena terlampau dimanjakan pada saat masih remaja. Ini demi mereka, dan fans juga.” tambah Kojin-san.

Peraturan baru tengang idol jepang tolak pemberian fans ini bukan akhir dari segalanya. Kojin-san juga menjelaskan bahwa fans masih bisa mengirimkan fans letter dan support mereka kedalam bentuk lain selain hadiah.