Idol dan Seiyuu adalah dua pekerjaan yang bisa saling berdampingan. Tak jarang bagi seiyuu menyanyi, dan bisa memiliki karir bernyanyi yang sebesar karir sebagai pengisi suara. Dan yang awalnya bekerja sebagai idol dan bernyanyi, mereka bisa jadi guest mengisi karakter dalam anime movie. Dan kadang bisa juga lanjut bekerja sebagai pengisi suara, contohnya idol Fukuo Yui pensiun untuk jadi Seiyuu full time.

Fukuo Yui adalah salah satu member dari grup idol bernama Anime “Katte ni” OEN Project yang bisa disingkat menjadi AOP. Grup tersebut dibentuk tahun 2012 oleh Nikkei Entertainment dan diperkenalkan pada event Tokyo Game Show tahun tersebut. Member mereka selain Fukuo Yui saat ini adalah Tomoe Kei, Hirose Yuuki, dan Mizuki Aoi.

Sesuai dengan nama grupnya, mereka adalah grup idol dengan hubungan yang erat dengan industri anime. Tak hanya mereka telah menyanyikan anisong untuk berbagai seri anime, tapi juga merekomendasikan anime dan membicarakan apa yang membuat anime menarik di berbagai tempat, seperti dalam majalah atau talk show dan lain-lain.

Contoh lagu-lagu yang mereka nyanyikan adalah lagu opening dari anime Isekai wa Smartphone to Tomo ni dan Time Travel Shojo, dan lagu ending anime Akiba’s Trip. Tapi lagu mereka yang paling terkenal adalah lagu-lagu mereka untuk anime Osomatsu-san.

Fukuo pertama bergabung sejak tahun 2015, dan dalam aktivitasnya sebagai idol AOP ia juga kadang mengisi suara dalam anime dimana grup tersebut menyanyikan lagu op/ed-nya. Contohnya sebagai Linze Silhoueska di Isekai wa Smartphone to Tomo ni dan Hayase Rika di Time Travel Shojo.

Peran-peran tersebut sepertinya membuatnya tertarik untuk melanjutkan karirnya sebagai pengisi suara setelah lulus dari AOP, dan ia mengumumkan keputusannya untuk menjadi pengisi suara pada akhir Februari kemarin melalui Twitter.

Fukuo mengatakan kalau ia telah berpikir untuk menjadi pengisi suara sejak lama, dan menunggu waktu yang tepat untuk melakukan transisi, dan ia memutuskan sekaranglah waktunya. Selain itu, disitu diumumkan juga kalau konser kelulusannya dari grup AOP akan diadakan tanggal 15 Juni nanti di Shibuya WWW X di Tokyo.

https://twitter.com/fukuoyui/status/968816535820124162