Idol Artificial Intelligence Pertama di Dunia, AI Shinozaki!

Bukan Jepang kalau tidak berinovasi tentang hal-hal yang aneh. Hal ini pula memicu sebuah proyek bernama AI Project. Apa itu?

img_AIdol_2AI Project adalah sebuah proyek pembuatan sebuah Idol virtual berbentuk AI (Artificial Intelligence) dari seorang idol populer sepanjang masa, Ai Shinozaki. Ai Shinozaki adalah idol yang legendaris menurut masyarakat Jepang. Keahliannya di atas panggung sebagai idol telah mempesona mata seluruh masyarakat Jepang. Selain itu, Ai juga ahli beladiri yang membuatnya semakin terlihat tangguh. Di balik semua keahliannya itu, Ai juga mempunyai paras cantik yang luar biasa bagi orang Jepang. Bahkan ia juga diberi gelar “Idol yang lahir setiap 1.000 tahun sekali”.

ai_shinozaki_27_by_hanzou_mon-d4oi7a2Berdasarkan semua fakta itu, sebuah proyek untuk mengabadikan Ai Shinozaki pun dimunculkan. Hal ini agar menjadikan Ai Shinozaki sebagai “Idol yang akan terus abadi hingga 1.000 tahun ke depan”. Proyek ini juga membantu fans agar terus dapat berinteraksi dengan Ai walaupun Ai nantinya sudah menua. Dalam proyek ini pula akan dibuat sebuah program dengan merekonstruksi bentuk suara dan cara bicara Ai termasuk tata krama Ai dalam berinteraksi dengan orang-orang. Tak lupa, program ini pun akan dilengkapi fitur “learning” dimana program akan dapat mempelajari dan mengingat hal-hal baru guna berkembang.

Sebuah video tentang draft awal proyek ini pun telah dirilis. Berikut videonya.

Dari video tersebut dapat dilihat bahwa program ini membutuhkan penelitian yang serius dan matang. Oleh karena itu, sebagai awalan, tim proyek akan mengumpulkan data berupa 1.000 pertanyaan dan respon dari Ai Shinozaki sebagai dasar. Kemudian, mereka akan membuka kotak saran untuk membantu memodifikasi avatar sehingga Ai Shinozaki akan terlihat real. Terakhir, mereka membutuhkan dana sukarela untuk mendukung keberlangsungan proyek ini. Mereka membutuhkan 6 Juta Yen atau ($50.000 USD) atau setara 670 juta rupiah. Dana tersebut akan digunakan sebagai proses awal pembentukan AI Shinozaki sebagai Idol Artificial Pertama di Dunia!

150818_AIdol-2Mereka juga akan menghargai para donatur dengan memberikan beberapa fitur sebagai berikut:
– 1.000 yen donasi: ucapan terimakasih langsung dari AI Shinozaki + Thanks Course
– 5.000 yen donasi: ucapan terimakasih, nama anda akan tercantum dalam “Support Member” di website proyek, mendapatkan prioritas untuk bertanya pada developer proyek, akses perdana pada virtual model AI Shinozaki (1 bulan setelah perilisan) + AI Shinozaki Support Member Lite Course
– 10.000 yen donasi: AI Shinozaki Support Member Lite Course & mendapat kaos official AI Shinozaki dan stiker
– 20.000 yen donasi: AI Shinozaki Support Member Basic Course & ajakan untuk jumpa sesi tanya jawab bersama Ai Shinozaki yang asli dan AI Shinozaki (sang program) + AI Shinozaki Support Member Gold Course
– 500.000 yen donasi: AI Shinozaki Support Member Gold Course, Undangan pesta yakiniku bersama Ai Shinozaki yang asli, guna membantu pengembangan fungsi bahasa pada program AI Shinozaki + AI Shinozaki Support Member Platinum Course
– 3,000,000 yen: AI Shinozaki Corporate Package (khusus untuk donatur yang serius. detail mohon menghubungi Greenfunding)