Jaman sekarang ini sudah ada banyak sekali Youtuber dengan beragam tipe konten. Tapi dari beberapa waktu lalu muncul sesuatu yang unik dalam dunia Youtuber, yaitu Virtual Youtuber. Memakai virtual avatar untuk membuat konten video. Tapi saat membuat video seperti itu perlu hati-hati, karena bisa ada glitch saat membuatnya dan melepas topeng virtual tersebut. Seperti yang dialami oleh virtual Youtuber ini.

Virtual Youtuber yang pertama menarik perhatian netizen, dan yang pertama mencapai kepopuleran yang besar, kemungkinan adalah Kizuna Ai. Kesuksesan channel miliknya menjadi awal meleduknya tipe video Youtube dengan virtual avatar sebagai pembaca acara video. Dan bertambahlah jumlah virtual Youtuber di internet, seperti Yua contohnya.

Salah satunya lagi adalah virtual Youtuber bernama Nora Cat. Namanya berarti kucing liar/jalanan, dan sesuai namanya, avatar virtual Youtuber tersebut terlihat memakai desain ala Cat Girl. Yang terlihat melalui telinga kucing pada ujung rambut twin tail miliknya.

Channel Youtube miliknya baru diluncurkan dari bulan Desember lalu, jadi channelnya masih lumayan muda dibandingkan veteran macam Kizuna Ai. Tapi karena memang Youtuber macam itu sedang lumayan booming, ia lumayan cepat mendapat banyak subscriber, yang jumlahnya sudah mencapai lebih dari lima puluh ribuan.

Konten milik Nora Cat berbentuk Lets Play, tapi mayoritas berbentuk livestreaming. Jadi ada โ€œaktorโ€ yang memainkan game dibalik layar, dan gerak-geriknya ditangkap oleh kamera dan ditransfer kepada avatar Nora Cat secara live.

Teknologi macam itu memang sudah maju, yang menyebabkan banyaknya jumlah Virtual Youtuber saat ini. Tapi yang namanya teknologi komputer, bisa ada glitch atau bug yang muncul pada software/hardware yang dipakai. Dan sepersekian detik glitch membuat avatar Nora Cat jadi hilang, membuat sang โ€œaktorโ€ jadi terlihat.

Dan ternyata, dibalik avatar virtual Youtuber Nora Cat, gadis bertelinga kucing dengan rambut twin tail itu adalah… seorang pria berkacamata. Mungkin terlihat seperti pria biasa berkacamata yang agak gemuk.. ITSA TRAP ๐Ÿ˜€

Sesuatu yang galau diantara bisa ditebak dan tak diduga. Memang rasanya terlalu indah jika Virtual Youtuber dengan avatar yang cantik nan moe memiliki wajah yang cantik nan moe juga dibaliknya. Tapi yang agak unik adalah walau ketahuan kenyataan balik layarnya, popularitas Nora Cat sendiri tak begitu menurun.

Malah tetap saja ada banyak fanart dan segala macamnya di Twitter. Walau momen glitch tersebut juga sudah mulai sedikit jadi meme. Bagaimana menurut mina-san? Apa jadinya kalau mina-san jadi tahu siapa dibalik wajah Ai atau Yua?

Comments