Apakah ada yang sudah berkeluarga dan punya anak? Merawat anak memang tidak mudah, apalagi mendidik mereka. Salah satu dasar yang bagus adalah membuat anak pintar baca, tapi tak semua anak bisa dengan mudah mau membaca. Nah misalkan ada orang tua yang kesulitan membuat anaknya membaca, mungkin ide dari ortu Jepang, negara yang terkenal akan pendidikan, ini bisa menjadi metode efektif.

Ide ini dilakukan oleh user Twitter @jyouhou_syusyu atau Tokurontinus, ia adalah orang tua dari dua anak kembar yang masih SD. Mungkin karena ia sendiri adalah seorang author, Tokurontinus memperhatikan agar anaknya cukup membaca buku, dan agar mereka mau banyak baca, ia membuat tawaran kepada kedua anaknya.

Dan tawaran tersebut adalah meminta mereka untuk membaca buku dari perpustakaan, dan setelah selesai jika mereka bisa memberikan penjelasan yang menarik mengenai buku tersebut, maka Tokurontinus akan memberikan bonus 100 Yen untuk uang jajan mereka.

Ya, ide yang mungkin terlihat mudah dengan memakai uang, tapi ada beberapa kunci dari tawaran tersebut yang bagus, dan efek positifnya terbukti. Dan itu adalah dengan anak-anaknya perlu tak hanya membaca buku tapi juga mengerti akan isinya dan bisa menyusun dan menjelaskan apa yang menarik dari buku itu.

Ini memberikan efek tambahan yang tak hanya membuat anak-anaknya mau membaca, tapi juga mengasah kreativitas mereka dan kemampuan mereka berkomunikasi dan menganalisis apa yang mereka baca dan terima.

Selain itu, efek bonus yang super positif lain lagi dari ide Tokurontinus tersebut, adalah ia sebagai orang tua jadi banyak berbicara dan berkomunikasi dengan mereka, dan itu bisa memperdalam hubungan mereka sebagai orang tua dan anak.

Dan tawaran tersebut juga tak hanya memiliki ide dan konsep yang bagus, tapi juga terbukti sebagai cara mendidik yang efektif. Dengan dalam penjelasannya dikatakan kalau kini anak-anaknya menempati posisi top di kelas mereka dalam pelajaran bahasa.

Para netizen yang menemukan tweet tersebut juga salut dan memuji ide itu. Apakah ada orang tua disini yang mau mencoba ide tersebut? Ingat ya, yang penting adalah tak hanya memberi uang jika membaca, tapi perlu bisa memberi penjelasan bagus juga. Silahkan dicoba 😉