Holaaa… kemarin mimin sudah membahas tentang Ootengu atau Daitengu nih. Sekarang mari kita beralih ke husbando dari Netease lainnya. Masih seputar SSR yang menggoda sejuta umat, kali ini mimin akan mengupas tuntas tentang IBARAKI DOUJI. Yang dalam motologi jepang aslinya adalah sosok tangan kanan dari Shuten Douji.

ASAL USUL dan SOSOK

Ibaraki Douji (茨木 童子) dikenal sebagai Oni yang memberikan malapetaka di Jepang. Ia dikenal sebagai wakil sekaligus tangan kanan kepercayaan Shuten Douji, salah satu dari tiga Oni terkuat di Jepang.

Sosok aslinya tidak diketahui apakah dia itu setan wanita atau kah pria. Jika dilihat dari posisinya sebagai wakil ketua sih, banyak yang mengatakan bahwa wujudnya adalah pria. Tetapi, banyak pula yang mengatakan bahwa Ibaraki Douji adalah Kijo, atau oni wanita, yang memiliki jalinan kasih dengan Shuten Douji sendiri. Yahhh… mirip – mirip Joker sama Harley gitu lah.

ibaraki douji
Ibaraki Douji dalam Onmyouji – Netease

 

KISAH dalam LEGENDA

Menurut cerita orang jaman dahulu, Ibaraki Douji merupakan oni yang tinggal di Rashomon. Yaitu pintu gerbang paling selatan tembok kota Kyoto yang dibangun pada tahun 789. Sayangnya, setelah Zaman Heian, Rashomon dikatakan mengalami keruntuhan dan menjadi tempat yang buruk sehingga banyak penjahat dan pencuri yang “bernaung” di dekat sana.

Diceritakan juga setelah berhasil mengalahkan Shuten Douji, Minamoto no Yorimitsu berniat merayakan kemenangannya dengan empat jenderal di rumah Kyoto. Saat sedang berpesta, salah satu jenderal datang dan menceritakan bahwa ada oni juga yang masih mengintip di Rashomon, dan bila tidak segera ditangani bisa membahayakan. Pada awalnya merekapun kurang percaya bahwa ada setan atau oni lain yang sama kuatnya dengan yang barusan mereka kalahkan. Akhirnya, salah satu jenderal bernama Tsuna pun memutuskan untuk pergi membereskan oni itu sendirian.

Ibaraki Douji yang sering muncul dalam buku mitologi, via Matt Meyer

Saat Tsuna sampai di gerbang, hawa berubah menjadi tidak enak dan kudanya tidak mau jalan lebih jauh. Akhirnya Tsuna memutuskan untuk jalan kaki mencari sang Oni. Saat sedang berjalan, sebuah tangan mendadak muncul dari kegelapan dan meraih pelindung kepalanya. Terbiasa dengan pertempuran, reflek Tsuna menghantarkannya untuk langsung berbalik dan menebas tangan itu. Ternyata itu adalah tangan Ibaraki Douji. Dan berkat sabetan pedang sang jenderal, tangan itupum putus, membuatnya terpaksa menunda balas dendam.

Tidak lama kemudian, Ibaraki Douji kembali ke Rashomon.

Menyamar menjadi inang dan mengambil kembali tangannya, lalu pergi jauh – jauh dari tempat itu. Setelah kejadian itu, keberadaan Ibaraki Douji menjadi jarang terlihat. Tetapi beberapa orang mengatakan bahwa kadang, mereka melihat Ibaraki Douji datang membawa keusilan dan kejahatan. Tidak lagi untuk tujuan membalaskan dendam tetapi lebih memilih bersenang-senang dengan manusia untuk kepuasan hatinya sendiri.

Comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here