Jepang memang terkenal membuat sesuatu yang menarik. Menariknya itu bisa karena keren, seperti jetpack yang dipakai dua orang berbaju samurai untuk bertarung diudara. Atau bisa juga karena aneh, seperti produk mousepad yang bisa dipakaikan stocking. Kali ini ada kabar benda buatan Jepang lagi, yang mungkin bisa lebih kearah aneh. Ada sebuah media pembelajaran berbentuk huruf hiragana A yang bisa mendesah.

Alat ini dibuat oleh grup bernama Team Panai. Grup yang terdiri dari enam orang tersebut membuat sebuat benda berupa papan dengan huruf hiragana yang sangat basic, hiragana A, yang berwarna putih dan terbuat dari bahan foam.

Walau terlihat polos dan biasa, Team Panai membuat huruf tersebut jadi menarik. Caranya adalah, membuat huruf itu dapat mengeluarkan suara. Tapi benda yang mengeluarkan suara jika disentuh tentu sudah biasa, banyak benda-benda dari barang sampai mainan yang seperti itu. Karena itu Team Panai bikin sesuatu yang unik pada hiragana A ini.

Suara yang dikeluarkan, yang merupakan suara pria, bisa berbagai macam nadanya! Tergantung dengan bagaimana foam hiragana A tersebut disentuh. Jika disentuh biasa suaranya juga akan biasa, dan jika dihantam keras dan cepat maka akan berteriak kaget, dan jika disentuh dengan lembut-lembut maka nada suaranya juga akan terasa nyaman atau relax atau terasa sedang mendesah.

Team Panai mengatakan mereka membuat benda tersebut untuk memberikan kesadaran akan betapa kompleksnya ekspresi dari satu suara yang sederhana. Mengajarkan akan beragamnya emosi yang bisa disampaikan hanya dari sebuah karakter.

Sesuatu yang memang benar, dari kata Ah saja, tak hanya dalam bahasa Jepang tapi dalam berbagai bahasa bisa memberikan makna yang berbeda tergantung nadanya. Bisa saja dari Ah bisa memiliki nada marah, kaget, mengerti, dan juga mendesah karena keenakan 😉

Yang jelas, ini bisa dibilang benda yang begitu omoshiroi, tapi memang berpotensi bikin negative thingking 😀 dengan adanya komentar netizen yang mempertanyakan adakah versi yang memakai suara wanita atau adakah versi huruf hiragana N. Bayangkan mina-san kalau misalkan teknologi ini digabungkan dengan Hiragana Danshi 😉