Content provided by KeepoCybercrime atau kejahatan online sekarang ini mengintai siapa saja yang berada di internet, tidak memandang usia dan golongan. Sebut saja beberapa waktu yang lalu serangan ransomware yang menghebohkan di seluruh dunia, membuat data-data penting akhirnya harus di relakan hilang. Ternyata nggak berhenti di sana saja, tren mata uang digital seperti Bitcoin, Ethereum dan Monero atau yang dikenal sebagai cryptocurrencies sekarang ini menjadi hal yang buruk jika disalahgunakan oleh orang yang nggak bertanggung jawab, misalnya dengan melakukan aktifitas yang dinamai cryptojacking yang bisa bikin laptop atau HP lemot dalam sekejab.

Jadi, apa sih sebenarnya cryptojacking itu?

Cryptojacking adalah sebuah aktifitas yang menggunakan sumber daya (resource) dari korbannya untuk melakukan proses penambangan (mining) mata uang digital seperti Bitcoin, Ethereum dan Monero yang hasilnya akan ditransfer ke digital wallet hacker. Trus, apa dong ruginya buat kita sebagai korban?

Menurut Andris Masengi, Country Manager Symantec Indonesia, aktivitas ini merugikan korbannya dengan cara mengambil seluruh kemampuan PC/laptop dan smartphone yang kita gunakan. Sehingga PC/laptop dan hp lemot secara mendadak alias mengalami penurunan performa ketika kalian gunakan. Penurunannya nggak main-main loh, bisa-bisa untuk menggerakkan kursor mouse saja akan terjadi lagging dan hampir tidak bisa digunakan untuk melakukan aktivitas apapun.

“Dari sudut pandang hacker, cryptojacking ini lebih menguntungkan, jadi seperti pendapatan pasif saja.” ucap Andris Masengi.

Cara kerjanya sangat sederhana, hacker akan menyisipkan sebuah script dalam website yang mereka bangun. Kemudian ketika kita sebagai user membuka web itu, maka secara otomatis PC/laptop dan smartphone kita akan menambang mata uang digital tanpa diketahui oleh pengguna. Proses ini dilakuakan secara otomatis dan tidak bisa dihentikan selain kita menutup halaman web itu.

Kesimpulannya, segera cek task manager dari PC/laptop kalian ketika mengalami lagging ketika membuka sebuah web atau bahkan aplikasi tertentu. Apalagi ketika cuma satu aplikasi yang terbuka, tapi sudah mengalami lagging, ada kemungkinan web atau aplikasi itu sudah di susupi dengan script cryptojacking ini. Semoga bermanfaat ya!