Burung memang hewan yang menarik. Banyak yang memiliki bulu indah, suara indah, atau perilaku yang unik. Tidak heran burung sering dijadikan lambang entah keindahan, kedamaian, sampai kekuatan. Berbagai macam burung eksotis sulit ditemukan dan dapat bernilai tinggi. Burung juga tidak terlepas menjadi bagian dari hewan – hewan yang sering mampir ke legenda – legenda atau mitos berbagai negara.

Mungkin Akiba – chan dan Akiba – kei sudah pernah mendengar soal Phoenix dan berbagai macam legendanya. Bulunya yang indah serta berbagai macam khasiat atau keuntungan dibawakan oleh makhluk misterius ini. Sebagai salah satu negara yang memiliki berbagai macam legenda binatang sakral, Jepang juga tidak ketinggalan untuk memiliki legenda tentang Phoenixnya sendiri. Mereka disebut Houou.

Houou (鳳凰) sebenarnya merupakan makhluk yang berdasarkan dengan burung Phoenix di China. Di China, mereka disebut sebagai 鳳 Fèng (Phoenix laki – laki) dan 凰 Huáng (Phoenix perempuan). Sementara itu, di Jepang mereka disebut sebagai 鳳 Hou (Phoenix laki – laki) dan 凰 Ou (Phoenix perempuan).

Baca Juga: Wani, Naga Laut yang Terlupakan

Houou mulai terkenal pada saat Periode Heian. Beberapa menggambarkannya seperti Phoenix dari China, beberapa menggambarkannya dengan berbeda. Jika dalam penggambarannya dalam mitologi China Fenghuang memiliki latar bambu, maka Houou digambarkan memiliki latar bunga sakura dan crysanthemums.

Houou adalah makhluk yang cinta kedamaian. Mereka tidak mengganggu makhluk hidup lainnya dan hanya makan bibit bambu. Makhluk indah itu memiliki ekor yang seperti burung merak. Ekornya memiliki lima warna yaitu putih, hitam, merah, kuning, dan biru yang melambangkan kayu, api, bumi, metal, dan air.

houou

Houou digambarkan sangat jarang muncul. Ia hanya muncul di daerah yang damai. Digambarkan sebagai makhluk yang sakral, banyak cerita yang mengatakan ketika Houou terbang, maka angin akan berhenti bahkan burung – burung yang lain dan serangga pun ikut diam. Daerah yang didatangi Houou dipercaya akan menjadi daerah yang damai, aman, sejahtera, dan penduduknya selalu dilingkupi oleh kebahagiaan dan perlindungan. Kehadiran Phoenix Jepang itu selalu dianggap sebagai pertanda baik yang akan membawa suatu pembaharuan selangkah lebih maju. Burung sakral itu dikabarkan akan menghilang terbang ke surga ketika terjadi peperangan di mana – mana. Houou bersama dengan Kirin sering disebut – sebut sebagai hewan paling suci di Jepang.

Karena kepopulerannya, burung yang satu itu sering dijadikan motif atau lambang di negara bunga sakura. Patung Hōō yang paling terkenal dapat dilihat di atap Byōdō-in Hō-ō-do, Kyoto. Patung tersebut terbuat dari tembaga dan memiliki tinggi satu meter. Pada abad ke 13 sampai abad 19, desain Hōō menjadi populer dan biasanya dapat ditemukan di kotak perak atau emas. Saat ini, figur Hōō juga banyak menghiasi kimono – kimono atau lukisan indah dari Jepang.

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here