Tak terasa bulan telah berganti dari Oktober ke November. Apakah mina-san ada yang merayakan Halloween kemarin-kemarin? Hari tersebut pas dipakai untuk acara nonton-nonton film hantu yang bergentayangan dan bangkit dari kubur. Omong-omong soal Halloween dan kebangkitan, ada kabar yang aneh tapi keren dari Jepang. Karena saat minggu akhir Oktober dan Halloween kemarin, ditemukan lagu Hotto Dogu Heiakim ngeTOP viral Spotify Jepang!

Kemungkinan besar masih banyak ya yang ingat akan musisi muda yang cerdik asal Indonesia itu. Popularitasnya meleduk tahun 2017 lalu saat ia, bisa dibilang, dengan kreatifnya membuat Google Translate jadi Vocaloid 😀 😀 Caranya, adalah dengan membuat Google Translate berbicara dengan audio Jepang, dan kemudian ia menyusun nada lagu berdasarkan audio Jepang itu.

Tapi layaknya flow naik turun booming meme, pasti ada saatnya booming itu mereda dan meme lain lahir, dan itu terjadi juga padanya. Tapi meskipun begitu ia tetap digemari dan aktif berkarya sampai sekarang melalui channel Youtube miliknya. Bahkan, ia telah merilis album akan lagu-lagu karyanya itu, yang dirilis bulan Agustus 2018 kemarin.

Tapi ada yang tak terduga pada bulan Oktober ini. Karena karya Heiakim jadi nge-viral di Jepang. Dimana ia memasuki list Top Viral 50 Spotify untuk region Jepang! Ini dimulai dari tanggal 16 Oktober, dimana salah satu lagu lamanya, Hotto Dogu, tak hanya masuk Top 50 dan Top 10, tapi masuk Top 2!

Memang pada tanggal 17 rankingnya menurun jadi posisi 3, tapi itu tetap tinggi, Top 3 loh. Dan masa jayanya kemudian dimulai dari tanggal 19, dan seterusssnya sampai akhir Oktober dan pada hari Halloween kemarin, Hotto Dogu dengan kuatnya naik dan menempati posisi nomor 1!

Tak begitu diketahui kenapa lagu itu bisa populer diakhir Oktober di Jepang. Mungkin karena iramanya yang techno jadi terasa pas buat music DJ saat pesta Halloween di Jepang sana. Menariknya sih Youtube video Hotto Dogu itu juga mulai ramai akan komentar orang Jepang dari akhir Oktober, dan suka dibicarakan juga di Twitter Jepang. Yang jelas sih, rasanya membanggakan ya mina-san 😉

Comments