Apakah mina-san disini ada yang pernah atau berencana pergi ke Jepang? Misalkan ke Tokyo melihat caffenya yang unik atau romantis, atau ke Saitama (bukan Saitama yang mau ada season 2 ya). 😀 Ada berbagai pilihan untuk akomodasinya. Yang umum seperti hotel modern, atau Ryokan tradisional, atau Capsule Hotel yang unik. Nah sekarang ada solusi baru hotel murah di Jepang yang unik lagi, hotel warnet Manga Cafe, Net Room.

Mungkin ada beberapa diantara mina-san yang pernah jadi atau punya teman/kenalan anak warnet. Tipe yang suka main di warnet sampai seharian, bahkan semaleman, sampai jadinya menginap di warnet tersebut. Hal seperti ini juga ada tak hanya di Indonesia, bahkan di Jepang juga bisa ada. Tapi kalau warnet di Jepang memang ada bedanya sih. Warnet mereka kalau digolongkan lebih kearah salah satu jenis hotel murah di Jepang.

Yang pasti lebih bersih, dan memiliki fasilitas (dan kecepatan internet hiks) yang lebih nyaman dan mewah. Dan masing-masing komputer merupakan bilik atau ruang tersendiri, tak seperti di Indonesia yang full terbuka, jadi lebih ada privasi.

Indonesia
Japan

Ini membuat warnet Jepang juga bisa dipakai oleh pelanggan yang non gamer sebagai penginapan alternatif, jika saat pulang malam tak ada transportasi umum. Apalagi karena harganya lebih murah daripada hotel biasa. Karena itu ini juga bisa jadi solusi alternatif bagi traveler dan backpacker yang ingin hemat uang.

Dan sekarang hal seperti itu semakin diperkuat lagi oleh Manboo. Salah satu operator warnet terbesar di Jepang, yang membuka Net Room. Yang bentuknya seperti garis tengah antara Manga Cafe, warnet dan penginapan hotel.

Hotel Murah Di Jepang

Net Room memiliki fasilitas seperti warnet Jepang umum. Setiap kamar memiliki komputer dan internet. Tapi bukannya bilik, masing-masing komputer ada dalam kamar tersendiri yang dapat dikunci. Dan dalam masing-masing kamar juga ada Wi-fi dan juga Blu-ray player. Dan tergantung tipe kamar, juga ada tempat tidur terpisah atau bahkan sofa. Dan seperti Manga Cafe, tersedia berbagai buku untuk dibaca.

Waktu sewa bisa dalam jangka waktu per-jam seperti warnet atau Manga cafe umum. Tapi karena ini lebih seperti hotel, disediakan juga waktu sewa yang lebih lama lagi, dari per-hari sampai bahkan per-minggu. Ini terlihat dari tersedianya fasilitas tambahan lain, seperti kamar mandi dan make-up, dan juga ruang loundry, bahkan ada kotak pos untuk pelanggan. Pantes aja deh, tempat ini masuk kategori hotel murah di jepang. Emang isinya lebih padet ketimbang warnet biasa. Hehe. 😀

Harganya juga seperti warnet atau Manga caffe umum di Jepang, jadi tergolong tak begitu mahal. Contohnya di cabang Haramachi, 1 malam seharga 2100 Yen atau 250an ribu rupiah. Atau di Shinjuku 2chome yang terbesar, 1 malam seharga 2400 Yen atau 300 ribu rupiah.

Saat ini telah dibuka cabang di 3 prefektur; Tokyo, Saitama, dan Kanagawa. Tokyo memiliki cabang yang terbanyak, dan lumayan dekat juga dengan berbagai tempat wisata, jadi itu daerah yang cocok bagi traveler.

Selain itu, pelanggan bisa reservasi kamar dari website Net Room Manboo atau dari aplikasi smart phone-nya. Dan bagi yang belum lancar bahasa Jepang tak usah takut 😉 karena website itu tersedia dalam 3 bahasa; Jepang, Cina, dan Inggris. Apakah mina-san ada yang berminat mencobanya?