Hotel ini Memperkerjakan Robot Mirip Manusia

Kokoro-chan

Jepang memang jagonya teknologi. Di negeri bunga sakura ini, muncul beragam produk dan inovasi canggih di beragam sektor. Tidak terkecuali teknologi yang berhubungan dengan robotika. Untuk robotika sendiri, tidak di ragukan lagi bahwa Jepang menjadi kiblat dunia internasional dengan kecanggihan beragam robotnya, contohnya Asimo. Obsesi masyarakat Jepang dalam tentang pe-robot-an sendiri bisa kita lihat dari judul – judul manga dan anime bertema robot, conthonya gundam series, medabot, hingga eve no jikan. Dan sekarang, tampaknya Jepang selangkah lebih maju lagi menjadikan khayalan tentang para robot hidup berdampingan dengan manusia menjadi kenyataan.

Henna Hotel

Henn-na dalam bahasa Jepang secara harfiah bisa diartikan sebagai “aneh” atau “berubah”. Dari namanya saja kita sudah bisa menerka visi hotel ini untuk memulai perubahan besar dalam industri perhotelan, atau mungkin, pengembang hotel ini punya pikiran yang aneh. Henn-na Hotel akan memperkerjakan para robot untuk melayani kebutuhan tamunya. Mulai dari check-in, membawakan bagasi, layanan tata graha kamar, membuat kopi, serta layanan lainnya untuk memastikan kenyamanan Anda. Selain robot, hotel ini juga dilengkapi beragam fasilitas canggih lainnya seperti sistem keamanan dengan pendeteksi wajah sehingga Anda tidak perlu memerlukan kunci kamar lagi.

Henna Hotel

Kokoro-chan
Kokoro-chan

Salah satu yang menjadi perhatian khusus di hotel ini adalah robot humanoid dengan kepintaran buatan yang bekerja di meja resepsionisnya. Sebuah robot “actroid” – begitu perusahaan yang memproduksinya menyebut, Kokoro dibuat mirip manusia dengan perupaan seperti wanita muda Jepang. Actroid ini dapat berkomunikasi layaknya manusia dalam bahasa Inggris, Korea, China, dan Jepang, serta dapat memahami kontak mata, dan bahasa tubuh Anda. Untuk Anda yang punya obsesi terpendam dengan robot, dapat mencoba ‘flirting’ dengan Kokoro-chan saat check-in.

Henn-na Hotel terletak di perfektur Nagasaki, tepatnya di Huis Ten Bosch yaitu sebuah theme park yang menampilkan suasana kota lama Belanda. Hotel ini sedang dalam tahap akhir pengembangan, dan rencananya akan dibuka pada bulan Juli tahun ini. Tersedia 72 kamar di gedung tingkat dua hotel, dengan biaya menginap per malamnya berkisar antara 7.000 Yen Jepang/800.000 Rupiah hingga 9.000 Yen Jepang/1 juta rupiah.

Pada musim yang ramai, kemungkinan Anda harus rela melakukan penawaran harga kamar, karena hotel akan melelang kamar kepada pembeli potensial. Untungnya, penawaran dibatasi maksimal sampai 14.000 Yen sehingga Anda tidak perlu menguras habis rekening Anda di bank. Jika Anda memiliki fobia terhadap robot, Anda bisa merasa lega karena hotel telah menyiapkan 10 staf manusia dengan darah dan daging asli.

Pihak pengembang berharap bisa membangun setidaknya 1.000 hotel serupa di seluruh dunia. Ya.. Semoga saja perkembangannya tidak mengarah ke Robots Apocalypse.

Henna Hotel

 

Henna Hotel

 

Henna Hotel