Dalam hidup, kita juga perlu menulis untuk berkomunikasi. Dan ada satu hal yang meskipun kita berusaha hindari, kadang tetap bisa terjadi, kesalahan pengetikan kata alias Typo. Hal tersebut juga perlu lebih diperhatikan bagi mereka yang bekerja dalam bidang kepenulisan. Untungnya dalam era modern ini, bisa ada beberapa cara untuk memperbaiki typo, seperti Horikoshi sensei yang memperbaiki typo HeroAca manga dari Twitter.

Horikoshi sensei baru-baru ini memberikan pengumuman akan hal tersebut melalui Twitter miliknya. Ia mengatakan kalau terdapat dua typo dalam chapter terbaru dari manga Boku no Hero Academia yang dirilis dalam majalah manga Shonen JUMP edisi 46 yang keluar minggu ini. Chapter tersebut adalah Boku no Hero Academia chapter 202 yang berjudul Daisan Set atau Match 3.

Typo pertama adalah nama superhero dari karakter Tetsutetsu Tetsutetsu, yang seharusnya disebut REAL STEEL tapi karena kesalahan penulisan namanya jadi REAL STEAL. Kesalahan yang lumayan wajar karena kemiripan kedua kata Inggris itu, dan memang kedua kata itu memiliki bentuk yang sama saat ditulis dengan Katakana bahasa Jepang.

Kemudian untuk typo yang kedua adalah dalam pembicaraan oleh karakter All Might dimana ia mengatakan Omokage no Kakera yang berarti Fragment of Vestige, tapi seharusnya kata itu adalah Omokage no Kirika yang berarti Notches of Vestige.

Horikoshi sensei kemudian menutup tweet pesan perbaikan typo tersebut dengan memberikan permohonan maaf sebesar-besarnya kepada fans dan pembaca. Dan fans juga telah memberikan respon kepada pengakuan kesalahan ini.

Untungnya banyak yang memberikan respon yang positif, mengatakan kepada Horikoshi untuk jangan khawatir, don’t mind, daijoubu, dan pesan positif lainnya. Dan dengan popularitas seri Boku no Hero Academia yang sampai keluar Jepang, fans dari luar juga memberikan respon serupa dengan bahasa Inggris.

Yah dalam hidup kita pasti ada membuat kesalahan, bahkan dalam penulisan 😉 Terima kasih sudah mau mengklarifikasi dan mengumumkan kesalahan ini dan berusaha memperbaikinya, semangat dan terus berjuang membuat Hero Academia makin keren ya Horikoshi sensei!

Comments