Salah satu perusahaan yang sangat influential dalam game development, namun beberapa tahun terakhir sepertinya mengalami penurunan baik dari segi produktivitas maupun kualitas. Meskipun saya jarang sekali menulis berita maupun isu tentang Game, namun yang satu ini saya merasa perlu untuk membagikan nya ke teman-teman semua, karena Konami merupakan pembuat game yang bisa menjadi franchise cukup populer seperti Contra, Metal Gear Solid, Silent Hill, dan Pro Evolution Soccer/Winning Eleven, dan hampir semua gamer pernah memainkannya tersebut, maka tidak heran jika seluk beluk developer yang satu ini cukup menarik perhatian.

Dan Hideo Kojima, adalah salah seorang yang mempunyai peranan penting dalam perkembangan Game yang dirilis oleh Konami, salah satu Game dan franchise populer yang mendapatkan sentuhan Hideo Kojima tidak lain adalah Metal Gear. Perilisan seri terbarunya di tahun 2015 ini Metal Gear Solid V: Phantom Pain mendapatkan sambutan yang sangat baik di kalangan para Gamer. Namun kesuksesan Phantom Pain  pun sepertinya tidak dapat berbuat banyak terhadap hubungan antara Kojima dan Konami.

MGS V

Perselisihan Kojima dan Konami terlihat oleh publik saat pembatalan perilisan game Silent Hill, yang sebenarnya sangat ditunggu oleh banyak orang, dimana di game tersebut Hideo Kojima merupakan PIC yang juga melibatkan sutradara terkenal Guillermo del Toro. Kmudian perlahan sepertinya Konami ingin menghapuskan nama Kojima dalam credit di penggarapan Phantom Pain, padahal sudah bukan rahasia lagi bahwa Metal Gear series adalah bayi yang dibesarkan oleh Kojima, dan hal tersebut malah menimbulkan pertanyaan bagi para Gamer maupun pengamat Game.

Dan seiring berjalannya waktu, dan rumor yang banyak beredar melalui forum game dan internet, sepertinya sangat jelas sekali bahwa hubungan antara Kojima dan Konami sudah di ujung tanduk. Namun seberapa buruknya hubungan kedua belah pihak tersebut dalam budaya bisnis di Jepang, memecat pegawai karena skandal publik masih merupakan hal yang tabu. Dan karena dalam kondisi “hidup segan mati tak mau”, Hideo Kojima pun hanya beristirahat di beberapa bulan terakhir. Baru pada bulan ini, titik terang muncul bagi Kojima untuk menyalurkan pikiran kreatifnya kembali.

Sebuah koran bisnis di Jepang Nikkei, mengabarkan bahwa kontrak Hideo Kojima bersama Konami berkahir pada 15 Desember ini, dan kedua belah pihak tidak akan terikat secara hukum sejak saat itu.

Mengingat bahwa game-game yang ia kembangkan mempunyai demand yang tinggi di Pasar, hampir muncul sebuah kesimpulan bahwa Hideo Kojima masih akan tetap berkutik pada industri Game. Dan Nikkei berspekulasi bahwa pria berusia 52 tahun ini akan membentuk perusahaannya sendiri, dan akan fokus pada pengembangan game untuk Home Console dari Sony.

Hideo Kojima

Namun berita yang kurang menyenangkan mungkin, Konami masih memegang hak atas Metal Gear series di perpisahannya dengan Kojima ini. Namun dengan apa yang telah diraih oleh Hideo Kojima, semua gamer pasti berharap apapun yang diciptakan Kojima nantinya, masih akan menjadi sesuatu yang spesial. Dan dimanapun atau siapapun publishernya nanti, akan mencnantumkan “A Hideo Kojima Game” pada box atau kemasannya dengan ukuran font yang layak.