Kejadian ribut kembali bikin PM Abe pusing. Setelah kemarin sempat jengkel sama rudal Korea Utara, kini malah Amerika Serikat yang memanceng huru-hara. Pemerintah Jepang dan orang tua siswa sebuah sekolah sangat marah dengan jalan layang helikopter militer AS yang bikin anak-anak cemas.

Dikabarkan kemarin, AS menerbangkan helikopter militer nya ke sebuah sekolah di Okinawa, Jepang. Pada hari ketika lembaga tersebut mengadakan latihan evakuasi untuk para siswa dan staf. Seperti yang akiba-chan dan akiba-kei bisa tebak, kejadian ini akhirnya berbuntut panjang.

Kekacauan terjadi saat orang tua murid dan pihak berwenang Jepang sangat marah dengan manuver yang dibawa helikoper militer tersebut. Bahkan saat pasukan AS sudah menghadapi serangkaian kritik dari pemerintah Jepang dan para orang tua siswa, kabar terakhir yang muncul dipermukaan adalah tentang balasan kekacauan yang dibuat militer AS setelah mereka dikritik. Pemerintah Jepang telah meminta penjelasan lembaga perwakilan AS mengenai insiden tersebut.

Awalnya, pasukan AS membantah adanya overflight yang terjadi di atas sebuah sekolah lokal. Namun Menteri Pertahanan Jepang, Itsunori Onodera merilis bukti video tentang penerbangan tersebut. Kamera yang dipasang di sekolah tersebut, yang terletak di dekat pangkalan Futenma di pulau selatan Jepang, Okinawa, menangkap pergerakan helikopter AH-1 dan satu helikopter UH-1 dalam formasi sesaat setelah siang hari pada tanggal 18 Januari, Kamis.

“Kami telah membuktikan adanya penerbangan di atas sekolah dengan cuplikan kamera dan pemeriksaan visual oleh surveyor kementerian” kata Onodera.

“Hal ini tidak dapat kami terima, dan kami ingin AS menangani ini.” imbuhnya.

Sementara Gubernur Okinawa, Takeshi Onaga menyebut penerbangan tersebut benar-benar keterlaluan. Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga mengatakan: “Sangat menyedihkan bahwa ini telah terjadi di wilayah sekolah walaupun kami telah meminta dengan tegas agar AS tidak terbang di atas sekolah.”

helikopter militer

Salah satu orang tua siswa juga turut berkomentar:

“Latihan evakuasi ini untuk tindakan yang baik. Sangat penting. Tapi jika mereka terus terbang di atas sekolah, maka itu akan membuat siswa panik. Jika ada sesuatu yang tidak berubah dan akan tetap seperti itu, maka kegelisahan orang – orang  akan bertambah. Mereka perlu diberi tindakan.”

Pangkalan militer Okinawa AS, yang menampung sekitar 25.000 tentara, telah menjadi sumber ketegangan selama beberapa tahun. Dengan sentimen anti-militer melayang tinggi di antara penduduk pulau di Jepang.

Hmm… guys, sepertinya ada yang mau nyalain api nih. Emang nakal nih ya si AS, minta ditusbol sama rudalnya Kim Jong-Un emang. :v