Hayao Miyazaki adalah nama yang besar dalam dunia anime. Walaupun ia pensiun, studio Ghibli tetap membawa kesuksesan. Tapi beberapa waktu lalu ada kabar yang menggembirakan bagi fans Ghibli. Dikabarkan kalau Hayao kembali beranimasi dan berkarya. Akan tetapi, ada yang memprediksi kalau buah karya Miyazaki akan gagal kali ini.

Kabar kembalinya Miyazaki sih memang sudah jadi hal yang agak rutin. Sudah beberapa kali ia mengatakan kalau ia akan pensiun. Tapi kemudian setelah beberapa lama, ia kembali lagi ke Ghibli dan membuat film animasi lagi. Dan ini hampir selalu jadi hal yang menggembirakan bagi para fans anime.

Dan untuk yang paling baru ini, itu juga sama. Suzuki Toshio, salah satu staff veteran Ghibli, mengatakan bulan Februari lalu kalau Miyazaki sedang mempersiapkan dirinya untuk membuat sebuah film animasi lagi. Fans anime tentu senang ya mendengar kabar ini. Akan tetapi, ada juga kritik yang berpendapat karya terbarunya takkan bagus, atau setidaknya, takkan sebagus karya-karyanya yang sebelumnya.

Miyazaki akan gagal

Salah satu yang berpendapat begitu adalah seorang Toshio yang lain 😀 yaitu Okada Toshio (jangan keliru dengan Pak Suzuki yang diatas ya) salah satu pendiri dari studio Gainax. Ia memiliki acara streaming bernama Okada Toshio Zemi. Dan dalam episode yang tayang tanggal 26 Februari lalu, Okada mengatakan pendapatnya akan Miyazaki akan gagal.

“Ini prediksi Februari 2017 dari Okada Toshio, tapi jujur saja, kupikir ini bisa jadi kegagalan”. Dan selain itu, Okada juga merasa karya Miyazaki yang sekarang tidak sebanding dengan karyanya yang dulu saat masih masa prima.

Okada juga mengatakan kalau dulu Miyazaki dapat bekerja dari 12 sampai 14 jam, sedangkan sekarang ia hanya bisa kerja dua sampai tiga jam. Karena Miyazaki perlu berkunjung ke dokter tulang, padahal baru bekerja sebentar. Ia mendeskripsikan Miyazaki layaknya seorang ‘Atlit’ yang pada dasarnya berbeda dengan berbagai anime creator macam Tomino Yoshiyuki, Oshii Mamoru, dan Anno Hideaki.

Projek film baru Miyazaki kemungkinan adalah adaptasi feature length dari film pendek CG berjudul Kemushi no Boro, yang dibuat untuk Museum Ghibli. Tapi setelah melihat preview film pendek itu dalam dokumentari akan Miyazaki yang ditayangkan NHK bulan November lalu, Okada tak terkesan.

https://www.youtube.com/watch?v=V59VXRN1YnU

Dari dokumentari itu, Okada juga mengatakan kalau Miyazaki memberikan impresi kalau kekuatan pribadinya telah menurun. Dan percaya kalau karya Miyazaki yang baru-baru ini mendemonstrasikan kalau image power yang dimilikinya telah melemah. Maka dari itu ia memprediksi Miyazaki akan gagal.

“Ini adalah prediksi yang tidak menyenangkan. Aku memprediksikan kalaupun ia bisa kembali, ia malah akan jadi seperti Kurosawa Akira dalam periode akhirnya, dengan Kagemusha dan film lain setelahnya” lanjut Okada.

Akan tetapi bukan berarti Okada tidak menyukai Miyazaki, justru kebalikannya. Okada mengakui kalau ia ingin Miyazaki kembali saat ia mengumumkan pensiun dulu. Okada merasa mungkin tidak apa-apa bila Miyazaki jadi seperti Tezuka Osamu, yang mati saat berusaha meraih pennya.

Tezuka sang dewa manga dan anime, terkenal sebagai seorang yang sangat workaholic. Ada yang mengatakan kalau kata-kata terakhirnya sebelum mati adalah “Oh Tuhan, tolong, biarkanlah aku bekerja”. Okada mengatakan kalau mati saat melakukan apa yang dicintainya adalah mimpi berbagai creator, termasuk dirinya sendiri. Ia berpikir kalau Miyazaki memiliki pola hidup yang sama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here