Saat ini mungkin sudah tak ada yang tak tahu mengenai Vocaloid Hatsune Miku. Popularitasnya sudah begitu besar sampai ia sudah muncul dalam beragam bentuk, dari mobil sampai boneka tradisional. Mungkin yang belum tahu mengenai Miku adalah para generasi muda seperti anak-anak sekolah yang tak minat akan hobi ke-otaku-an. Tapi sekarang merekapun bisa tahu, karena baru-baru ini Hatsune Miku masuk di beragam buku sekolah Jepang.

Hal tersebut awalnya ditemukan oleh seorang user Twitter bernama @non_A1207 yang melihat adanya sosok Hatsune Miku dalam sebuah buku sejarah SMA Jepang, dimana ia dikatakan sebagai seorang penyanyi virtual internasional.

Buku SMA Jepang tersebut bernama Nihonshi A atau Sejarah Jepang A. Dan buku itu bukan buku sembarangan juga, karena itu adalah buku dari Menteri Pendidikan, Budaya, Olahraga, Teknologi dan Ilmu Pengetahuan.

buku sekolah jepang

Dalam buku tersebut dijelaskan sejarah dan berbagai hal dari Vocaloid Miku. Dari perilisannya pada tahun 2007 lalu sampai prestasi yang telah diraih oleh karakter tersebut. Seperti saat Miku masuk menempati posisi 8 dalam list Top 15 Karakter Fiksi Paling Berpengaruh tahun 2014 dalam majalah berita dunia terkemuka Time Magazine.

Membanggakan juga melihat elemen otaku seperti Vocaloid Hatsune Miku bisa masuk dalam buku pendidikan umum seperti itu. Membuktikan kalau karakter dan teknologi tersebut memiliki impact yang besar, dan memang sih melihat kalau karakter itu sudah muncul dalam berbagai hal saat ini. Dan tak hanya dari pelajaran sejarah.

Tweet @non_A107 tersebut jadi populer dan banyak dilirik netizen Jepang, sampai mendapatkan puluh ribuan like dan retweet. Dan beberapa user lain juga memberi respon dengan memperlihatkan kalau ternyata Hatsune Miku juga muncul dalam buku-buku sekolah jepang yang lain lagi.

Seperti dalam buku pelajaran dasar bisnis bernama Business Kiso, Miku diperlihatkan muncul dalam halaman 44. Dan juga dalam buku pelajaran Bahasa Inggris, dalam contoh kalimat Inggris dengan topik Kawaii/Cute/Imut dan alasan, yang mengatakan I think Hatsune Miku is Cute, I Like Her Cute Voice. Kita juga banyak yang suka ya mina-san 😀

Comments