Content provided by Keepo. Wi-Fi sekarang ini mungkin jadi salah satu teknologi yang banyak digunakan oleh kalian tentunya, apalagi kalau jaringan yang kalian gunakan memiliki akses yang gratis dan sepuasnya bisa kalian pakai. Namun, buat kalian yang menggunakan layanan berbayar atau sekedar menggunakan fitur portable hotspot dari smartphone kalian, pernah nggak sih ngerasain kalo tiba – tiba kecepatan internet kalian berkurang, padahal kondisinya sedang tidak ada maintenance jaringan dan kondisi perangkat dalam keadaan baik.

Baca Juga: 20 Jenis Potongan Dalam Bahasa Jepang Yang Perlu Dicermati #Part 1

Bisa jadi itu ulah hacker yang menggunakan bandwidth jaringan kalian untuk dimanfaatkan. Nah, kalo udah begini tentu jadi masalah kan? So, daripada terlambat, beberapa tips ini bisa kalian gunakan untuk mengamankan jaringan Wi-Fi kalian dari serangan hacker ini. Cekidot!

More article from Keepo.

1 – Blokir pencuri Wi-Fi kalian dengan aplikasi

Blokir pencuri Wi-Fi kalian dengan aplikasi

Buat kalian pengguna smartphone Android, ada satu cara yang paling mudah yaitu dengan menggunakan aplikasi yang bernama Block Wi-Fi Freeloader yang tersedia di Google Play Store. Nah, kalian download dan pastikan sudah terinstall dismartphone kalian. Kalo udah, kalian tinggal buka aplikasi tersebut dan pilih Rescan untuk memastikan perangkat apa aja yang terkoneksi ke jaringan Wi-Fi kalian.

2 – Blokir perangkat yang nggak kalian kenali

Blokir perangkat yang nggak kalian kenali

Selanjutnya akan muncul daftar perangkat apa saja yang terhubung ke jaringan Wi-Fi kalian tadi. Nah, kalo kalian melihat beberapa perangkat yang mungkin nggak kalian kenali, kalian bisa mengubah statusnya menjadi “stranger”, dengan masuk ke pilihan Router Manager > Block. Dengan mengubah status perangkat tadi menjadi “stranger”, maka perangkat yang bersangkutan udah nggak bisa lagi melakukan akses internet menggunakan jaringan Wi-Fi kalian.

Ternyata, gampang banget kan? Namun, meskipun demikian, seringkali banyak dari kalian yang mungkin jarang memperhatikan hal kecil ini, namun berdampak besar buat kalian apalagi yang suka bermain game online dan streaming. Semoga bermanfaat!