Hari gini, sosial media sudah seperti pisau tajam yang bisa melukai banyak orang. Nggak cuma melukai pihak tertentu, tapi juga bisa menusuk orang-orang yang sebenarnya inosen tak tahu apa-apa. Berita yang muncul melalui sosmed bisa berdampak baik dan buruk. Tergantung pandai-pandainya pembaca menyaring dan menyerapnya kembali. Tak heran bila ada saja pihak-pihak nakal yang menshare berita hoax biar sosmednya ramai. Bahkan ada yang sengaja membuatnya sendiri. Adeuh niat sekali.

Di jepang, baru-baru ini juga ramai gara-gara berita hoax. Padahal mayoritas masyarakatnya pada pinter milih berita. Eh atau karna udah pada pinter itu jadi berita hoax dengan gampang bisa dilacak.

Tapi keramaian di sosmed jepang ini bukan seperti ramai share dan komen caci maki yang biasa kita temui di timeline pengguna sosmes tanah air sih. Sebaliknya, tiga hari lalu, jepang diramaikan oleh penangkapan seorang pemuda berumur 20 tahun. Pemuda yang berasal dari Prefektur Kanagawa tersebut dibekuk kepolisian setempat lantaran telah MEMBUAT dan MENYEBARKAN BERITA HOAX. Waduh!

penyebar berita hoax jepang ditangkap
wajah si tersangka :v masih tergolong bocah :v

Pemuda ini beberapa waktu lalu mengunggah sebuah foto yang memperlihatkan seekor singa berkeliaran di jalanan. Lalu apa yang salah dari foto ini? Salah… sebab si pemuda membubuhi keterangan bahwa singa tersebut lepas dari penangkaran Kumamoto. Nggak heran sih, kebanyakan pembaca percaya singa itu beneran dari Kumamoto sebab prefektur tersebut sempat diguncang gempa bumi berskala besar. Gempa mengakibatkan banyak bangunan porak-poranda sehingga dikiranya penangkaran hewan disana turut terkena imbas.

Dalam tweet yang diposting pemuda dengan username @Nanahosi1222  dibawah ini mengklaim “Oi, apa ini becanda?! Gara-gara gempa kemarin singa ini kabur dari kebun binatang dekat rumah ku di Kumamoto!”. Sayangnya, tweet ini sudah lenyap beserta segerombolan tweet lamanya. Nampaknya si pemuda sudah mendapat menyuluhan sehingga sesegera mungkin menghapus berita hoax tersebut.

berita hoax jepang

Seperti yang dituturkan NHK, selain karna tuduhan telah menyesatkan masyarakat dengan berita hoax, pemuda ini juga ditangkap sebab telah membuat nama Kumamoto Zoo Botanical Garden tercemar. Kalau akiba-chan dan akiba-kei penasaran seperti apa kasusnya bisa simak videonya melalui link berikut.

Wah yabai sekali emang kalau masalah beginian. Hati-hati ya akiba-chan dan akiba-kei. Selalu teliti sebelum mengeshare sesuatu 😀