Halo akiba-chan dan akiba-kei. Perkenalkan mimin baru disini. 😀 Mimin akan lebih banyak sharing tentang berita yang nggak biasa yang belum tercover sama partner mimin lainnya. Seperti hasil polling karakter terpopuler Touhou yang sebenarnya selalu bikin heboh nih. Simak sampai habis ya….

Dalam setahun sekali para fans selalu mengadakan polling untuk memahkotai siapa karakter terpopuler Touhou di tahun tersebut. Dan di tahun ini Touhou Popularity Poll kembali diadaka mulai pada tanggal 14-20 Januari 2018, polling bisa kalian lakukan dengan mengunjungi situs officialnya. Untuk hasilnya bisa kalian lihat di bawah ini:

Dari hasil tersebut, terlihat bahwa dua protagonis kita, Reimu dan Marisa menduduki peringkat satu dan dua. Sementara peringkat satu tahun lalu, Koishi Komeiji harus puas dengan ketiga. Rasa cinta dari fans untuk gadis kuil satu ini ternyata masih kuat meskipun miko satu ini sering bertindak kasar pada orang yang baru saja ia jumpai (dalam kasus ini yang ditemui adalah youkai). 😀

karakter terpopuler Touhou
Winner

Perlu dicatat bahwa peringkat Youmu sampai saat ini tidak pernah sejak turun sejak 2012 dengan urutan 8, dan sampai tahun ini Youmu menduduki peringkat 4. Absennya Youmu dari tiga SHMUP Touhou ini tidak menyurutkan fans untuk tetap memilihnya. Apakah tahun depan Youmu akan menjadi top three di polling karakter terpopuler Touhou? Kita lihat saja nanti.

 

Gebrakan baru tahun ini datang dari Shion Yorigami, salah satu karakter game terbaru Touhou 15.5, di mana Shion menempati peringkat 15. Sang adik, Joon Yorigami mengalami nasib sial tidak seperti kakaknya, dengan mengumpulkan 1393 vote Joonhanya menempati urutan 54. Sedangkan karakter extra boss tebaru dalam polling, Okina Matara berada di posisi 45 setelah extra boss dari game sebelumnya, Hecatia Lapislazuli.

Selain karakter, Touhou Popularity Poll juga membuat polling untuk karya ZUN yang lain, seperti album lagu dan manga:

Hasil poll menunjukkan bahwa Touhou Embodiment of Scarlet Devil masih menduduki peringkat satu selama bertahun-tahun, dengan dua versi game yang di era lawas, Imperishable Night dan Perfect Cherry Blossom secara berurutan, saya juga tidak heran dengan urutan ini karena dari popularitas karakter saja masih sebagian besar di dominasi oleh cast dari Scarlet Devil Mansion.

Forbidden Scrollery merupakan karya non-manga ZUN yang berada dalam sepuluh besar polling tahun ini, kolaborasi ZUN dengan Moe Harukawa ternyata berhasil menampilkan atmosfir tersendiri dalam franchise, setting perpustakaan keluarga Kosuzu dan Reimu sebagai detektif memberikan sisi lain dari dunia Touhou di mana masalah hanya dapat diselesaikan dengan danmaku.

Lanjut di sesi terakhir akan kita dapati polling untuk music game terfavorit, berikut hasilnya:

Lagi-lagi dalam poll ini Scarlet berdua masih merajai peringkat atas dengan Flandre di peringkat satu dan Remilia urutan ke dua, hasil ini pun tak luput dari kepopuleran dari UN.Owen Was Her itu sendiri, dengan karakter memorable dan lagu yang addictive , siapapun akan familiar dengan lagu ini. Berbagai circle pun sering membuat aransemen dari UN.Owen sehingga mempertahankan eksitensi dari theme song adik Remilia itu sendiri.

Sebagian besar poll peringkat atas memang ditempati oleh final maupun extra boss, tapi ini tidak berlaku bagi, theme song dari stage tiga Mountain of Faith ini memang memilik ciri tersendiri yang mampu mengantarkannya di peringkat 9. Banyak circle membuat aransemen dari saoundtrack ini ke berbagai genre, bahkan circle Yuuhei Satellite mendapat perhatian dikala mereka membuat single berjudul Iroha Nioedo yang kemudian menjadi salah satu opening dari fan-made anime Memories of Phantasm.

Nah, sepertinya itulah hasil voting dari karakter terpopuler Touhou kali ini. Apa best girl kalian masuk sepuluh besar? Kalau best girl saya kebetulan masuk peringkat sepuluh … setidaknya lebih baik dengan seseorang di Eientei. 😀

Comments