Haru-chan, presenter moe dari NHK

moe

Siaran berita di televisi manapun, baik Indonesia maupun manca negara selalu identik dengan cara penyampaian yang formal dan serius. Apalagi pada saat berita siaran cuaca, pasti sang penyiar menyampaikan nya dengan terburu-buru dan dengan wajah anteng. Bahkan karena terlalu serius malah membuat penonton merasa bosan.  Tetapi tidak dengan NHK, saluran broadcast paling terkemuka di jepang ini punya ide menarik untuk menyiarkan seputar berita cuaca. Penyiaran berita cuaca ini tak cuma melibatkan manusia namun juga menciptakan maskot imut berupa sekumpulan karakter yang terinspirasi dari tokoh-tokoh anime. Lahirnya ide ini itandai dengan munculnya Haru-chan pada Februari 2009 untuk siaran cuaca NHK News Watch 9.

NHKs (9)

NHKs (1)NHKs (2)

Dengan masuknya maskot imut ini penyampaian berita nya juga tidak monoton seperti siaran berita pada umumnya, grafik yang ditampilkan pun lebih berwarna dan menarik untuk ditonton.

NHKs (7)NHKs (8)NHKs (3)

Tak hanya Haru-chan, ada pula Tsuyu-kun, Natsu-Shogun, Aki-chan dan Fuyu-Shogun yang siap melaporkan keadaan cuaca sekaligus memberikan nasihat-nasihat yang bagi aktivitas penonton sesuai musim nya. Tak heran sejak maskot ini menghiasi NHK, berduyun-duyun orang muncul sebagai fans berat mereka. Terbukti dengan adanya figurine, fan art, plush doll, dan benda-benda sejenis yang dapat ditemui dengan mudah dipasaran.

NHKs (10)

936050fa0a46512ae8e4053de70daa48

160

3800

Kabar paling fresh, saat ini NHK juga telah memulai debut  maskot baru nya yakni Fuyu-chan. Fuyu-chan hadir untuk menemani Natsu-chan si karakter musim panas yang sudah mulai muncul sejak bulan juli lalu. Hadirnya Fuyu-chan ini dirasa dapat membuat penonton lebih betah mengarungi asam manis nya musim dingin di jepang

NHKs (5)

fuyuchan

Haru-chan’s action :


Source : livedoor