Ada yang masih ingat dengan ajang penghargaan bergengsi Manga Taishou Award (マンガ大賞) ? kalian yang ngaku pecinta jepang, khusus nya anime dan manga jangan bangga dulu kalau belum tahu hal yang satu ini. Wajib banget deh ngepoin penghargaan ini karena, sudah terbukti, setiap karya yang masuk nominasinya bakalan jadi cikal bakal karya populer. Tengok aja deretan pemenang mereka dari tahun ke tahun. Pasti setelah dinyatakan menang langsung dibuatkan project baru. Entah itu anime atau live action atau malah dua-duanya.

Sebelum membahas karya siapa saja yang lolos ke babak nominasi tahun ini, kita flashback dulu, berbagi pengetahuan buat temen-temen yang belom pada tahu. Manga Taishou Award atau dalam official nama bahasa inggrisnya disebut “Cartoon Grand Prize” adalah sebuah penghargaan yang diperuntukkan bagi serial manga terbaru yang mencapai kurang dari delapan volume per serinya. Manga Award ini memiliki tujuan salah satunya untuk mempopolerkan manga-manga dari pendatang baru yang berpotensi besar mendapat tempat dihati para pembaca dan dunia per-komik-an. Manga Taishou Award  pertama kali diselenggarakan pada tahun 2008 yang dimenangkan oleh manga bergenre adventure dengan judul Gaku: Minna no Yama karya Shinichi Ishizuka.

Manga Taishou

Tahun ini (2016) Manga Taishou Award memasuki tahun ke Sembilan, dan seperti yang telah diumumkan dalam official websitenya kemarin (18 januari 2016), ada sebelas judul yang lolos seleksi. Kesebelas karya tersebut telah bersaing dengan competitor tahun ini yang membludak ketimbang tahun lalu. Terhitung ada 96 orang dengan 226 judul karya di submit ke panitia penghargaan ini. Namun sebenarnya kendati panitia telah memutuskan hanya meloloskan sepuluh manga saja, setelah rapat tertutup akhirnya mereka memanbah satu judul lagi sehingga jumlah total peserta yang lolos menjadi sebelas orang.

Diantara karya baru yang terpilih ternyata ada juga beberapa karya yang sempat mengikuti penghargaan ini beberapa tahun terkahir, seperti Blue Giant karya Shinichi Ishizuka dan Boku Dake Ga Inai Machi karya Kei Sanbe. Apakah tahun ini mereka bakal menang? Jawabannya masih menjadi misteri. Lalu untuk list karya apa saja yang berhasil lolos seleksi dapat kalian lihat seperti dibawah ini. Adakah manga favorit kalian yang masuk nominasi?

1 – OKAZAKI NI SASAGU (岡崎に捧ぐ) Karya Yamamoto Saho

1

 

2 – KOI WA AMEAGARI NO YOUNI (恋は雨上がりのように) Karya Mayuzuki Jun

2

 

3 – GOLDEN KAMUI (ゴールデンカムイ) Karya Noda Satoru

3

 

4 – DUNGEON MESHI (ダンジョン飯) Karya Kui Ryouko

4

 

5 – TOKYO TARAREBA MUSUME (東京タラレバ娘) Karya Higashimura Akiko

5

 

6 – DONKATSU DJ AGETAROU (とんかつDJアゲ太郎) Karya Iipyao & Yujiro Koyama

6

 

7 – NAMI YO KIITE KURE (波よ聞いてくれ) Karya Hiroaki Samura

7

 

8 – HYAKUMANJOU LABYRINTH (百万畳ラビリンス) Karya Takamichi

8

 

9 – BLUE GIANT Karya Shinichi Ishizuka

9

 

10 – BOKU DAKE GA INAI MACHI (僕だけがいない街) Karya Kei Sanbe

10

 

11 – MACHIDA KUN NO SEKAI (町田くんの世界) Karya Andou Yuki

11

*urutan secara acak bukan berdasarkan rangking*