Budaya memberikan bunga dikala event apapun merupakan hal yang sudah biasa kita lakukan. Dimanapun kita berada, budaya memberikan bunga ini selalu ada dan tercipta loh, baik sebagai perwujudan rasa cinta, kasih sayang, simpati dsb. Nah yang menarik orang akan selalu mencari tahu  makna bunga yang tepat untuk menyampaikan perasaan pada seseorang istilah Jepangnya Hanakotoba.

Baca Juga: 8 Kata Kotor Bahasa Jepang Yang Terlarang Untuk Diucapkan

Untuk akiba-chan dan akiba-kei yang tinggal maupun sedang ada di Jepang, jangan sampai salah kasih beberapa bunga ini ya karena hanakotobanya berbeda loh jika di Jepang.

Apa aja bunga nya, Yuk cek dibawah ini:

Kiiroibara (黄色いバラ)

hanakotoba

Bunga yang selalu identik dengan perasaan Cinta ini akan berbeda maknanya sesuai dengan warna bunga mawarnya loh. Yang jadi perhatian kita saat ini adalah si mawar kuning ini atau bahasa Jepangnya Kiiroibara.  Jika  di barat mawar kuning memiliki makna persahabatan. Di Jepang kiiroibara memiliki hanakotoba “kecemburuan”. Nah loh.. jangan asal kasih mawar kuning ini ke sahabat kita ya, ntar dikira kita cemburu loh. Hehe

 

Primrose (プリムローズ)

Jangan pernah keliru bunga primrose ini dengan bunga sakurasou ya. Mereka sangat berbeda loh akiba-chan, akiba-kei. Jika bunga sakurasou memiliki hanakotoba panjang umur, maka akan sangat berbeda dengan bunga primrose ini yang memiliki hanakotoba “Putus asa”. Negatif banget ya artinya. Kalian harus hati-hati nih jika mau kasih bunga primrose ini. tapi jika yang kamu kasih bukan orang Jepang sih kayaknya oke-oke aja tuh kan makna bunga primrose di barat itu cinta yang abadi.

Baca Juga: 10 Fakta Bahasa Jepang yang Perlu kamu Ketahui!

 

Saboten no hana(さぼてんの花)

Nah yang ini justru jangan pernah dikasih ke orang Jepang ya akiba-chan, akiba-kei. Bunga yang bernama Saboten no hana ini sebenarnya adalah bunga kaktus loh. Walaupun terkesan tidak memiliki bunga, nyatanya bunga padang pasir ini memiliki bunga loh, cantik banget malah. Nah yang dimaksud di sini untuk jangan memberikan bunga kaktus ini pada seseorang di Jepang karena bunga ini memiliki hanakotoba “Hawa Nafsu” loh akiba-chan, akiba-kei. Iihhh.. nggak banget kan. Makanya jangan coba-coba untuk berikan bunga kaktus ini ya, ntar dikira kamu bernafsu sama dia hehehehe.

Yang diluar Jepang jangan berkecil hati, Kamu masih bisa memberikan bunga kaktus ini pada ibu kamu kok karena hanakotoba bunga ini di barat adalah kasih ibu, so sweet kan.  Untuk akiba-chan dan akiba-kei yang ada di Jepang atau punya ibu orang Jepang coba kasih bunga carnation ya..

 

 Suisen (水仙)

Bunga yang lebih kita kenal dengan Dafodil ini umum banget ditemui di Jepang loh.  Dafodil disebut Suisein jika di Jepang. Bunga ini sering menjadi bunga yang diberikan kepada rekan atau orang tua.  Suisen ini memiliki hanakotoba  yang bermakna “Rasa hormat” dan tentunya hanakotoba ini hanya berlaku di Jepang ya. Sebab di barat suisen ini memiliki makna cinta tak terbalas loh.. Hiks.. T.T

Itu tadi beberapa hanakotoba dari bunga di Jepang yang sangat berbeda dengan hanakotoba yang umum kita tahu. Jadi sekarang hati-hati ya ketika memberikan bunga kepada seseorang terutama di Jepang.  karena bisa jadi yang kita harap akan bernilai positif malah akan menjadi nilai negatif di Jepang.