Content provided by Keepo. Semua perangkat elektronik mempunyai musuh yang sama, yaitu “takut” dengan air alias memang diciptakan untuk tidak digunakan didalam maupun terkena air, sama halnya juga dengan smartphone yang kalian pakai sekarang ini. Memang, smartphone kekinian terutama pada kelas high end sudah dilengkapi sertifikasi uji tahan air, namun bukan berarti smartphone akan kuat jika benar-benar skenarionya adalah terkena air, karena karet seal yang ada dismartphone mungkin saja rusak sewaktu – waktu tanpa kalian sadari.

Dan hal itu yang membuat produsen smartphone dengan sertifikasi IP68 pun tidak menerima klaim garansi smartphone kalau rusaknya disebabkan air. Eits, nggak hanya itu! Kalau smartphone kalian secara nggak sengaja terkena air, jangan pernah juga lakukan 3 hal “haram” ini ke smartphone. Apa aja sih? Yuk kita bahas!

More article from Keepo.

1 – Jangan dipencet-pencet

Jangan dipencet-pencet

Kalau kalian merasa jika ada air yang masuk kedalam smartphone kalian, ada baiknya untuk tidak memencet – mencet bagian smartphone terutama layarnya. Jika kalian masih mencobanya, malah ada kemungkinan kalau air bisa masuk lagi kedalam smartphone dan membuat kerusakan komponen lain yang seharusnya aman. So, ada baiknya mengeringkan dulu sebelum memencet bagian smartphone.

2 – Jangan gunakan pengering rambut

Jangan gunakan pengering rambut

Mungkin beberapa dari kalian menganggap kalau menggunakan pengering rambut adalah ide yang bagus untuk mengeringkan smartphone yang basah. Eits, jangan salah ya! Justru dengan adanya dorongan udara panas dari pengering rambut ini, malah ada kemungkinan untuk mendorong air kedalam smartphone lebih dalam dan membuat kerusakan lain yang nggak kalian ketahui. Jadi, gunakan beras dan anginkan untuk mendapatkan pengeringan yang lebih baik.

3 – Jangan dibawa bepergian

Jangan dibawa bepergian

Kalau smartphone kalian nggak sengaja kemasukan air, ada baiknya untuk tidak dibawa – bawa bepergian terlebih dahulu. Membawanya berjalan ada menambah kemungkinan air yang masuk bisa memasuki celah didalam smartphone dan bisa membuat komponen lain juga ikutan rusak.

Jadi, lebih bijaklah dalam mengatasi smartphone yang kemasukan air, memang pada dasarnya barang elektronik tidak dirancang bertahan langsung jika kontak dengan air, jadi sayangi smartphone kalian sebelum menyesalinya kalau kemasukan air. Semoga bermanfaat!