Sebagai negara pembuat anime, tak jarang kita melihat berita kerjasama memakai sebuah seri anime untuk mempromosikan sesuatu. Seperti anime Yama no Susume yang bekerja sama dengan Konferensi Hari Gunung Nasional untuk mengajak fans mendaki gunung. Kali ini ada lagi kerjasama yang begitu cocok antara Palang Merah Jepang dan anime Hataraku Saibou, dengan hadiah spesial. Yaitu pendonor darah bisa cek anime Hataraku Saibou lebih awal.

Hataraku Saibou berawal sebagai manga karya Shimizu Akane. Manga tersebut mengisahkan kinerja sel-sel tubuh, memperlihatkan apa yang terjadi seperti jika tubuh terluka atau jika ada virus atau bakteri jahat yang menyelusup masuk ke dalam tubuh.

Sebelumnya kita telah dikabarkan kalau akan ada adaptasi anime dari manga tersebut, yang dianimasikan oleh studio David Production, yang disutradai oleh Suzuki Kenichi, dan dikomposisikan oleh Kakihara Yuuko, dan ditulis oleh mereka berdua.

Sekarang, telah diberikan update-update lain lagi. Diantaranya adalah lagu openingnya akan dinyanyikan oleh seiyuu karakter utamanya; Hanazawa Kana sebagai Sel Darah Merah, Maeno Tomoaki sebagai Sel Darah Putih, dan Ono Daisuke sebagai Sel Killer T. Dan untuk lagu endingnya dinyanyikan oleh ClariS.

Dan telah diumumkan kalau anime ini akan tayang musim depan, pada tanggal 7 Juli nanti. Tapi, seperti yang terlihat diawal, diumumkan adanya kerjasama antara anime Hataraku Saibou dan Palang Merah Jepang, dengan hadiah berupa kesempatan untuk menonton episode 1 anime Hataraku Saibou lebih awal dari penayangan di TV.

Palang Merah Jepang memang sudah pernah melakukan kerjasama dengan dunia animanga sebelum ini. Tapi ini bisa dibilang campaign kerjasama yang paling cocok, apalagi karena protagonis anime ini adalah sel darah merah.

Campaign ini berlangsung dari tanggal 30 Juni sampai hari penayangan anime Hataraki Saibou tanggal 7 Juli. Bagi yang mendonor darah dalam tanggal tersebut akan mendapatkan kartu ilustrasi berisikan kode yang dapat membuat pendonor bisa mengakses episode 1 Hataraki Saibou.

Tapi kartu ini hanya ada dalam jumlah terbatas, dan karena ini kerjasamanya dengan Palang Merah Jepang, sayangnya ini hanya berlaku di Jepang. Yah kita bersabar saja ya mina-san, setidaknya menunggunya cuma beberapa hari 😉