Sudah ada berbagai rekor dunia Guinness yang dipecahkan di negara Jepang, dan sudah ada beberapa juga dalam tahun 2020 ini. Seperti rekor gaming Youtuber tertua dan tempat rekreasi dengan mesin Crane Game terbanyak. Dan kali ini ada pemecahan rekor baru lagi yang berukuran BESAR, yang berhasil diraih oleh sosok raksasa mecha Jepang yang baru dibuka bulan ini, yaitu sang Gundam live-size di Yokohama!

Projek Gundam raksasa baru setelah Gundam Odaiba tersebut pertama diumumkan pada tahun 2018 lalu sebagai bagian dari perayaan anniversary 40 tahun seri Gundam. Gundam raksasa setinggi 18 meter dan seberat 25 ton tersebut menjadi bagian atraksi utama dari Gundam Factory Yokohama, yang sesuai namanya, berdiri di Yamashita Pier di prefektur tersebut.

Walau dalam tahun 2020 ini pandemik virus corona terjadi, pembangunannya terlihat tak begitu mengalami masalah, tapi tetap saja demi mencegah penyebaran virus tersebut acara pre-opening Gundam tersebut pada bulan Juli dan juga grand opening yang seharusnya dilakukan pada tanggal 1 Oktober terpaksa dibatalkan.

Pada akhirnya, pembukaannya diundur jadi dilakukan kemarin pada tanggal 19 Desember, dan akan dibuka seterusnya secara terbatas sampai 31 Maret 2022. Pengunjunga pertama masuk membeli tiket, dan membayar lagi untuk dapat menyaksikan Gundam RX-78 yang dapat bergerak tersebut, yang dapat dilakukan melalui Dock yang didirikan di sekitar Gundam itu.

Dan belakangan ini patung Gundam RX-78 tersebut lumayan hype dan viral di internet, dengan pergerakkan Gundam itu dipamerkan dan direkam oleh banyak orang, yang terlihat agak woles tapi tetap kece dan mantaps, dan memang terlihat bagaikan Gundam yang jadi nyata.

Kerja keras para engineer yang membangun patung Gundam tersebut dari rangkanya sampai mesinnya benar-benar tak sia-sia. Dan hal itu terlihat lagi dengan bahkan Guinness mencatat Gundam tersebut dalam rekor dunia mereka.

Dengan ukuran tinggi 18 meter, Gundam tersebut meraih rekor Guinness sebagai robot bergerak berbentuk manusia terbesar dunia, dan rekor tersebut telah diserahkan pada perusahaan pengembang yang membuat Gundam itu bergerak, Evolving G.