Beberapa hari ini Gundam jadi lumayan hype berkat viralnya video yang menunjukkan kalau patung Gundam skala 1:1 yang baru dibangun di Yokohama benar-benar diperlihatkan bisa bergerak dan mengambil langkah, sesuai dengan apa yang direncanakan. Sesuatu yang bagus karena kini baru diumumkan pembukaan Gundam Factory Yokohama setelah sebelumnya kena delay, yaitu mulai dari bulan Desember 2020 nanti!

Projek Gundam ini pertama diumumkan tahun 2018 lalu sebagai bagian dari perayaan anniversary 40 tahun seri Gundam. Gundam raksasa setinggi 18 meter dan seberat 25 ton tersebut menjadi bagian utama dari Gundam Factory Yokohama, yang sesuai namanya, berdiri di Yamashita Pier di prefektur tersebut.

Walau dalam tahun 2020 ini pandemik virus corona terjadi, pembangunannya terlihat tak begitu mengalami masalah, tapi tetap saja demi mencegah penyebaran virus tersebut acara pre-opening Gundam tersebut pada bulan Juli dan juga grand opening yang seharusnya dilakukan minggu ini pada tanggal 1 Oktober terpaksa dibatalkan.

Pihak Gundam Yokohama tapi mengatakan kalau mereka tetap berencana untuk melakukan pembukaan Gundam tersebut dalam tahun 2020 ini, dan sesuai dengan perkataan itu, baru-baru ini akhirnya diumumkan tanggal grand opening dari Gundam Factory Yokohama.

Dikatakan kalau pembukaannya akan dilakukan diakhir tahun ini, yaitu pada tanggal 19 Oktober 2020! Dan setelah itu dikatakan kalau Gundam Factory Yokohama akan terus dibuka secara terbatas sampai tanggal 31 Maret tahun 2022. Pas dengan Olimpiade Tokyo yang diundur untuk tahun 2021.

Harga tiket masuknya juga telah diberikan, dengan selembar tiket masuk Gundam Factory Yokohama memiliki harga 1.650 Yen untuk orang dewasa, dan 1.100 Yen untuk anak umur 7-12 tahun. Pengunjung dapat menyaksikan Gundam RX-78 yang dapat bergerak itu dengan memasuki fasilitas GUNDAM-DOCK area, dengan tiket masuk kesitu sebesar 3.300 Yen.

Pengunjung juga bisa melihat kepala dan bahu Gundam itu dari posisi tinggi dengan naik GUNDAM-DOCK Observation Deck. Mereka juga bisa mengecek GUNDAM-LAB untuk melihat teknologi yang terpasang pada Gundam itu dan makan minum di cafe didalamnya. Sayang sekarang sulit pergi kemana-mana ya mina-san 🙁