Salah satu hal yang paling terkenal sebagai spot turis di Jepang, terutama bagi fans anime, adalah patung Gundam raksasa berskala 1:1, yang sampai saat ini masih berdiri di Odaiba. Dan yang hebat lagi adalah patung itu takkan sendiri, karena sedang dibangun patung Gundam raksasa baru di Yokohama, dan dikatakan akan lebih hebat lagi karena bisa jalan. Sesuatu yang baru-baru ini dibuktikan dengan patung itu akhirnya terlihat melangkah!

Gundam raksasa yang dibuat dalam bentuk Gundam pertama RX-78 itu adalah bagian dari projek Gundam Factory Yokohama. Projek tersebut sebelumnya diumumkan November 2018 lalu dalam livestream konferensi pers perayaan anniversary 40 tahun seri Gundam.

Sesuai dengan namanya, projek pembangunan patung Gundam tersebut melibatkan pihak Kota Yokohama. Dan pada akhirnya, patung Gundam RX-78 tersebut akan dipertunjukkan dan juga berdiri di Yamashita Pier yang terletak di Yokohama.

Patung Gundam RX-78 setinggi 18 meter dan seberat 25 ton tersebut tentunya yang akan menjadi daya tarik utama lokasi itu, karena telah diumumkan kalau tak seperti Gundam di Odaiba yang hanya bisa menggerakkan kepalanya, Gundam Yokohama juga akan bisa menggerakkan kakinya, dan melangkah maju untuk berjalan.

Hal tersebut telah diberi tease melalui seri dokumentari yang memperlihatkan rangka Gundam tersebut, bisa bergerak kakinya. Tapi baru-baru ini ada update lagi, dengan beberapa user Twitter di Jepang meng-upload video Gundam RX-78 Yokohama itu yang telah berdiri dan dipasangkan seluruh bagiannya pada rangkanya.

Video itu membuat Gundam Yokohama terlihat serupa dengan RX-78 pertama di Odaiba. Tapi perbedaannya terlihat saat Gundam itu bergerak, dan tak hanya kepalanya. Diperlihatkan ada gerakan kepala, tangan dan jarinya. Dan yang luar biasa, adalah kakinya, yang disitu diperlihatkan melakukan gerakan melangkah, dan juga bisa bergerak menunduk!

Tapi terlihat itu masih belum sempurna, dengan kecepatannya masih sangat lambat, dan jalannya juga masih dengan bantuan pada punggungnya. Tapi dari video itu terlihat image Gundam asli semakin terealisasikan, dan saat aktivasinya nanti, yang sayangnya diundur karena pandemik coronavirus, mungkin Gundam itu bisa beraksi seperti di anime originalnya 😉