Gundam Cafe di Jepang Perlahan Kan Tutup Semua!?

0
51

Ada berbagai tempat yang seru untuk dikunjungi bagi fans animanga di Jepang. Akan tetapi sayangnya itu bukan berarti tempa tersebut akan beroperasi selamanya. Bahkan nama besar macam Pokemon juga bisa kena masalah pada pengoperasian toko mereka. Dan sayangnya hal itu juga terjadi pada seri Gundam, dengan diumumkan kalau Gundam Cafe di Jepang perlahan akan tutup semua tahun depan.

Franchise Gundam pertama membuka cafe resmi mereka pada distrik Akihabara pada tahun 2010. Setelah itu mereka juga membuka cabang baru lagi di Osaka dan Fukuoka, dan juga membuka cabang kedua di Tokyo setelah Akihabara, yang berlokasi dekat patung Gundam raksasa skala 1:1 yang terletak di Odaiba.

Cafe tersebut menjadi tempat yang seru bagi fans Gundam, dimana mereka menyajikan berbagai menu makanan dan minuman yang tentunya bertema dari berbagai seri mecha populer itu. Tapi selain itu yang menarik dari cafe tersebut adalah mereka juga menjual model gunpla, dan kadang melakukan screening anime Gundam juga.

Akan tetapi seperti yang dikatakan diawal, sebuah kabar duka diumumkan pada tanggal 1 November kemarin. Dengan keempat Gundam Cafe tersebut akan ditutup dalam bulan Januari 2022 nanti. Dikatakan kalau Gundam Cafe Osaka yang akan ditutup pertama pada tanggal 10 Januari, dan kemudian ketiga lokasi lainnya akan ditutup pada tanggal 30 Januari.

Sedikit catatan kalau sebenarnya ada cafe juga pada tempat atraksi Gundam Factory Yokohama tapi cafe dan atraksi itu sejak awal direncanakan untuk tidak dibuka untuk seterusnya, tapi memang penutupannya lebih lama lagi dari keempat cafe lainnya, yaitu pada akhir Maret 2022.

Pengumuman tersebut tidak memberikan alasan mengenai penutupan cafe tersebut, tapi dapat diterka kalau kemungkinan besar pandemik coronavirus yang mengurangi keramaian pengunjung lokal dan juga internasional jadi salah satu peran.

Tapi menariknya dalam bagian akhir pengumuman tersebut pihak Gundam mengatakan “mohon nantikan projek kami yang berikutnya” seperti memberi petunjuk dan harapan kalau ada kesempatan Gundam Cafe itu akan ada lagi nanti dalam bentuk lain.