Gundam Unicorn ukuran raksasa telah selesai dibangun di Odaiba. Menarik dan mempesona para turis dan penduduk dengan gerakan transformasinya dan aksi sinar lampunya dimalam hari, apalagi juga diiringi dengan berbagai musik dan adegan anime Gundam tersebut. Tapi ternyata dibagian lain di Jepang, ditemukan kalau ada Gundam lain lagi. Dikabarkan kalau muncul Gundam besar juga di Kuil Zuienji di Nagoya.

Gundam besar kuil itu adalah Gundam RX-78, yang sebenarnya telah ada dari sebelum Gundam Unicorn Odaiba berdiri. Ukurannya memang tak sebesar Gundam Unicorn atau bahkan Gundam RX-78 yang sebelumnya ada di Odaiba. Tapi patung Gundam di Zuienji ini tetap lumayan besar, karena seukuran orang dewasa. Tapi siapa yang membuatnya? Dan kenapa Gundam itu bisa ada di Kuil tersebut?

Gundam besar ini dibuat oleh seorang Bapak tua berumur 66 tahun bernama Hattori Toshio. Ia adalah seorang mantan engineer yang tinggal didekat Kuil Zuienji. Hattori mengatakan kalau ia memutuskan untuk membangun patung Gundam RX-78 itu mengikuti cucunya yang mulai suka membangun Gundam plastic model.

Memang tak sampai semegah Gundam RX-78 Odaiba, tapi detail yang diberikan dan juga paintwork patung buatannya ini tetap patut disaluti. Bagian dadanya juga bisa dibuka seperti pintu kokpit. Ia membangun patung tersebut dengan memakai bahan kayu, dan seperti dua patung Gundam skala 1:1 di Odaiba, patung Gundam miliknya juga dipasangkan lampu LED olehnya.

Lalu bagaimana patung itu bisa berdiri di Kuil Zuienji? Ternyata itu karena Biksu Kepala dari kuil tersebut meminta Hattori-san untuk meminjamkan patung Gundam tersebut. Ia berharap dengan berdirinya patung itu di Kuil Zuienji dapat membuat orang-orang muda jadi tertarik untuk berkunjung ke Kuil Zuienji.

Cara yang lumayan cerdik. Patung Gundam buatan Hattori Toshio itu memang terlihat bagus. Adanya Patung Gundam yang modern berdiri di Kuil Zuienji yang tradisional bisa memberikan pemandangan yang unik, dan bisa menarik pengunjung untuk datang kesitu. Seperti patung Gundam Odaiba yang terbukti berhasil menarik ratusan pengunjung.

Mina-san ada yang mau mencoba berkunjung melihat Gundam RX-78 di Kuil Zuienji?
Terlihat keren juga tuh untuk difoto 😉

https://twitter.com/_rina_allie/status/903461574559514624