Sekarang ini animanga telah menyebar secara internasional, dan animanga bisa memberi pengaruh pada negara luar Jepang, membuat ada banyak projek kerjasama dengan Jepang. Dan dengan hal tersebut, tak heran ada banyak juga fans animanga dari luar Jepang, bahkan sampai orang-orang terkenal. salah satu contohnya adalah sutradara Guillermo Del Toro, yang baru-baru ini memamerkan manga koleksinya.

Pasti sudah lumayan banyak yang tahu nama sutradara Hollywood yang satu ini. Ia terkenal akan movie Hellboy dan Pan’s Labyrinth. Tapi kemungkinan mina-san akan mengetahuinya sebagai pencipta dan sutradara movie mecha raksasa Pacific Rim.

Movie tersebut menunjukkan kalau ia juga fans genre mecha Jepang, dan film tersebut bagaikan surat cintanya kepada genre tersebut. Selain itu, ia juga berteman dengan Kojima Hideo, yang membuatnya bisa muncul dalam salah satu trailer game Kojima yang terbaru, Death Stranding.

Terlihat kalau Guillermo Del Toro bukan fans level ringan dalam pop culture Jepang. Tapi ia menunjukkan kecintaannya kepada Jepang dan dunia animanga lebih besar lagi melalui Twitter miliknya baru-baru ini.

Kemarin-kemarin, Del Toro memberikan sedikit tour akan apa saja yang ada pada rak miliknya. Ada banyak buku dan DVD keren, yang mayoritas bergenre supernatural dan horror.Dan untuk bagian akhir, ia memperlihatkan koleksi manga, anime, dan beberapa pajangan animanga miliknya, yang ada banyak sekali, sampai dibagi dalam 6 tweet!

Pada part 1 kita diperlihatkan koleksi figure Lupin the 3rd dan ada juga gambar monster Ultraman yang dibingkai didinding. Tapi ia tak hanya fans budaya modern, karena pada part 2 diperlihatkan beberapa buku ensiklopedia budaya tradisional Jepang, buku koleksi kisah horor Jepang karya Lafcadio Hearn, buku mitologi Jepang, dan lain-lain lagi.

Part 3 dan 4 perlihatkan berbagai merch dan buku seri karya tiga nama legendaris; Tezuka Osamu, Otomo Katsushiro, dan Studio Ghibli. Terlihat beberapa figure Astro Boy dan manga Buddha buatan Tezuka. Dan juga figure dan manga AKIRA buatan Otomo. Dan berbagai artbook movie-movie Ghibli dan model pesawat Porco Rosso.

Dan part 5 dan 6 memperlihatkan lebih banyak lagi koleksi manga dan buku Jepang. Del Toro terlihat mengoleksi seri manga buatan Urasawa Naoki, diantaranya seri manga MONSTER dan 20th Century Boy. Dan masih terlihat figure-figure lain, seperti L dari Death Note, Tank dari game Metal Slug, Totoro, dan lain-lain lagi. Sasuga sekali Pak Del Toro!