Mina-san tentu sudah tahu grup idol Jepang terkenal AKB48. Grup tersebut memiliki kepopuleran yang begitu besar, bahkan sampai ada grup rival “official” yang dibentuk, dalam bentuk Nogizaka 46. Dan grup tersebut juga seudah tumbuh besar sampai ada “cabang” lain di berbagai negara luar Jepang, termasuk di Indonesia dengan grup JKT48. Nah kali ini dikabarkan akan ada grup48 baru lagi loh, yaitu grup Vietnam SGO48!

Grup cabang baru tersebut baru diumumkan hari Kamis kemarin oleh AKS, perusahaan management yang mengurusi grup AKB. AKS mengatakan kalau grup baru tersebut akan mulai melakukan scouting member-membernya pada bulan Juli, dan berharap grup tersebut bisa debut pada tahun 2018 ini.

Grup tersebut adalah grup Idol 48 negara luar Jepang yang ke-7. Kita sudah kenal dengan grup JKT48 yang dari Kota Jakarta di Indonesia, yang merupakan grup Idol 48 cabang luar Jepang yang paling pertama dibentuk.

Dan juga yang dari Negara Asia Tenggara lainnya, yaitu grup BNK48 yang berasal dari Kota Bangkok di Thailand, dan MNL48 dari Kota Manila di Filipina. Selain itu ada juga AKB48 cabang Cina yang berasal dari Kota Shanghai, kemudian TPE48 dari Kota Taipei di Taiwan, dan MUM48 dari Kota Mumbai di India.

Kita melihat ada pola antara tiga huruf nama grupnya dengan kota negara asalnya ya mina-san. Tapi bagaimana dengan SGO48? Kalau dari nama malah rasanya lebih seperti SinGapOre, tapi kenapa untuk Vietnam diberi nama itu grupnya?

Itu karena nama grup tersebut merepresentasikan Kota terbesar di Vietnam, Ho Chi Minh, yang sebelumnya memiliki nama Sai GOn. Walau Ho Ci Minh adalah nama resminya, saat ini kedua nama tersebut masih dipakai untuk kota tersebut.

Selain itu, diperlihatkan juga logo grup SGO48, yag berwarna merah pink. Warna tersebut juga bukan sembarang dipilih. Warna itu merepresentasikan warna Bunga Teratai, yang merupakan bunga nasional negara Vietnam.

Menarik juga ya mina-san. Adakah yang tertarik menunggu kehadiran grup idol baru dari negara tetangga sesama Asia Tenggara kita ini?

Comments