Group J-Pop Metal / Rock Selain Babymetal

Yang jelas mereka bukan waifu saya

Apa yang pertama kali muncul di otak minna-san ketika melihat gambar diatas? Hehehe… Saya yakin kebanyakan dari anda pasti membayangkan satu nama, yakni Babymetal. Lain lagi kalau pecinta hardcore Babymetal, pasti yang pertama muncul adalah judul lagu, koreografi, serta lirik lagunya. Tapi selain 2 golongan itu, saya yakin ada beberapa dari anda yang mikirin aneh-aneh, semisal: kawaii, loli, waifu, bener gak? Ngaku aja ndak papa kok, saya nggak akan ngapa-ngapain kalian ^^

Namun, yang saya mau bahas di postingan kali ini, itu bukan mengenai Babymetalnya. Kenapa? Karena Babymetal sudah sangat terkenal dan sudah banyak media yang memberitakan kesuksesan mereka. Betapa tidak! Pada tahun ini mereka sukses mengobrak-abrik Billboard lewat album perdana mereka, Babymetal, dengan segudang prestasinya, diantaranya adalah: sempat menduduki peringkat 1 di Billboard World Album dan mereka jadi artis Jepang termuda yang albumnya menduduki top 200 di Billboard. Sugoi nee…

Berikut adalah salah satu lagu mereka yang terkenal, silahkan dinikmati ^^

Now back to topic. Nah, saya yakin pasti banyak diantara minna-san yang suka dengan musik yang segenre dengan Babymetal pastinya, yakni J-Pop+vokalis cewek+Metal/Rock. Namun pertanyaannya adalah, apakah ada Group dengan genre seperti itu selain Babymetal? Jawabannya tentu saja ada, banyak kok. Namun tidak akan saya bahas semuanya, karena artikelnya bisa jadi kepanjangan XD karena hanya saya batasi dengan grup-grup yang memiliki ciri khas masing-masing. Disini, akan saya bahas mengenai Group J-pop metal/rock dengan vokalis cewek selain Babymetal yang tentu saja terkenal dan juga bagus menurut banyak sumber:

1. Babymetal

Saya: Ini dia yang paling terkenal! Babymetal! Group ini tediri dari…

Minna-san: loh kak? Katanya selain Babymetal??

Saya: 3 orang, yakni… Eh, iya ya, saya tadi bilang selain Babymetal ya, lupa, ehehe…

Minna-san: (Sambil pasang expresi muka kesal) ini kakak enaknya dipanggang atau dicincang?

Saya: Ampun! Oke, langsung saja kenomor 2!

2. Necronomidol

Itu yang kedua dari kiri kok...
Itu yang kedua dari kiri kok…

Necronomidol merupakan sebuah band J-Pop Metal yang terdiri dari 4 orang, yakni Henmi, Sari, Tachibana, Kakizaki (kiri-kanan). Mereka dikenal sebagai Group pertama yang mencampurkan unsur metal dengan unsur okultisme didalamnya. Menurut manajer mereka, Ricky Wilson, keunikan mereka terletak pada okultisme yang begitu kental, sisi gelap, serta ketakutan yang luar biasa.

Untuk Group yang satu ini, saya benar-benar memberi warning kepada Minna-san, jika minna-san tidak suka atau menghindari hal-hal yang berbau kegelapan, teror, horor, ketakutan, atau bahkan okultis, jangan pernah mendengarkan lagu-lagu dari Group ini. Gak sedikit teman-teman saya yang merinding setelah mendengarkan lagu-lagu Necronomidol. berikut salah satu lagu mereka yang terkenal

3. Sonoko Inoue

Sonoko Inoue
Sonoko Inoue

 

 

 

 

 

 

 

 

Digadang-gadang sebagai penerus Yui Yoshioka, atau yang biasanya dikenal sebagai YUI, Sonoko Inoue nampak gagah pada setiap Music Video dari lagu-lagu yang dia nyanyikan.  Dengan umurnya yang masih tergolong muda, yakni 17 tahun, nampaknya julukannya sebagai pengganti YUI tidaklah berlebihan. Sonoko Inoue sering mengadakan street show ketika dia masih duduk di SD, sama seperti  YUI, dan bila kita dengarkan lagu-lagunya, suaranya ada sedikit kemiripan dengan YUI. Berikut 2 music video-nya:

4. Tsubasa Fly

Tsubasa Fly
Tsubasa Fly

Tsubasa Fly, atau yang biasa dikenal sebagai Tsubafula di Jepang, merupakan Idol Group dengan genre rock. Dibentuk pada 2012 dengan 2 member, yakni Fujii Yuki dan Aina Mai, baru pada 2013 ketiga member lainnya bergabung di Tsubasa Fly, yakni Shikaki Kaori, Kamiya Ayano, dan Miyazawa Nonoka. Menurut saya, single mereka yang berjudul unforgettable days merupakan salah satu single rock Jepang terbaik yang pernah saya dengar.

4. Wagakki Band

Personil Wagakki Band
Personil Wagakki Band

Tradisional, Asyik, dan Kreatif. Ketiga kata itulah yang sangat tepat untuk menggambarkan Wagakki Band ini. Wagakki Band terdiri dari 1 vokalis, yakni Yuko Suzuhana, beserta 6 pemain alat-alat musik tradisional Jepang atau yang biasanya disebut sebagai “Wagakki”. Mereka seringkali meng-cover lagu-lagu vocaloid dan menjadikan lagu-lagu tersebut menjadi campuran antara genre rock dan tradisional. Grup yang satu ini sangat saya rekomendasikan kepada minna-san, terutama buat anda yang suka aliran musik tradisional dengan campuran rock didalamnya. Penasaran? Berikut 2 music video mereka:

5. Shizukaze & Kizuna

Keenam member Shizukaze-Kizuna
Keenam member Shizukaze-Kizuna

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ini nih grup yang “kasihan”. Sebelum saya membahas kenapa mereka kasihan, saya mau tanya dulu kepada minna-san. Apa grup cewek metal yang pertama kali terbentuk menurut minna-san? Saya sudah tanya ke banyak orang dan jawaban mereka sama semua: Babymetal, karena Babymetal terbentuk tahun 2011. Jawabannya salah besar! Shizukaze & Kizuna sudah terbentuk 2 tahun sebelum Babymetal, tepatnya pada tahun 2009. Grup beranggotakan 6 anggota ini memiliki nilai tambah pula, yakni pada seringnya mereka melakukan “interaksi” kepada penonton, seperti jalan di pundak para penonton, menyemprotkan air ke para penonton, bergabung dengan para penonton dan lain lain.

Nah, kenapa tadi saya bilang mereka kasihan? Karena semenjak hadirnya Babymetal, nama mereka benar-benar terlupakan, dan gelar “Grup cewek metal pertama” jatuhlah ketangan Babymetal. Kasihan banget kan?

6. Passcode

Passcode
Passcode

Jika saya harus mengatakan satu-dua kata yang sangat mewakili Grup ini, maka “campur aduk” lah kata yang saya pilih. Passcode terdiri dari 4 gadis muda yang bersuara pop, namun musik disetiap lagu mereka merupakan campuran yang serasi antara rock, metal, sedikit electronic, juga sedikit sentuhan tradisional, bahkan ada beberapa yang mengandung sedikit dub-step. Bingung? Wajar ^^ Agak membingungkan memang untuk membayangkan bagaimana 5 genre musik bisa tercampur serasi dalam satu lagu.

Oya, Jika minna-san perhatikan, setiap Music Video dari Passcode ada kesamaannya lho, kostum yang mereka kenakan selalu sama, yang merupakan kombinasi antara pink-putih-hitam, dan latar dari setiap music video mereka juga seringkali sama, meskipun tidak secara keseluruhan. Kesamaan itu terletak pada latar taman dan posisi mereka yang duduk dibawah pohon. Penasaran kan? lihat aja 2 music video mereka:

7. Death Rabbits

wah, loli!!
wah, loli!!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Untuk grup yang satu ini, keunikannya hanyalah pada usia setiap anggota mereka yang tergolong sangat muda, yakni Yuzu 12 tahun, Emi 11 tahun, dan Karin 13 tahun. Bandingkan saja dengan Babymetal yang anggota termudanya, yakni Moa Kikuchi dan Yui Mizuno, yang berusia 15 tahun. Lelaki berpakaian robot polisi itu juga menjadi salah satu ciri khas mereka. Berikut beberapa lagu dari para Loli, eh, Death Rabbit

Nah, ternyata grup cewek metal/rock di Jepang gak hanya Babymetal doang kan, hehe. By the way, mana nih grup Japanese metal/rock cewek yang minna-san suka? Bagi-bagi ya ^^v

Source: Babymetal