Made in Japan: Google Street View Untuk Kucing!

Pra tampil website Cat Street View

Hai hai hai Akiba-Kei dan Akiba-chan! Udah pasti tahu, kan kalau Google memunyai fitur yaitu Google Street View? Fitur andalan Google ini memungkinkan pengguna untuk menelusuri berbagai jalan di belahan dunia beserta apa saja yang ada di jalan itu(tentu saja beserta fotonya^^)

Nah, apa yang terjadi bila Google Street View ini dibuat dengan segala sudut pandang kucing? Yep, kali ini Otoritas Prefektur Hiroshima mempromosikan pariwisata melalui Street View yang dibuat dengan menggunakan sudut pandang kucing!

Salah satu screen capture dari Cat Street View
Salah satu screen capture dari Cat Street View

Street view ini diatur guna menarik turis untuk berkunjung ke Hiroshima. Melalui sudut pandang kira-kira 30 sentimeter dari tanah, pengguna street view ini dapat merasakan sensasi berjalan-jalan di daerah Onomichi dan Senkoji sebagai seekor kucing. Street view ini adalah bagian dari kampanye pariwisata pemerintah Hiroshima yang bertema”Kampai(cheers), Hiroshima! Look, Eat and Drink!” Wah, strategi pemasaran wisata yang bagus yah! Karena dengan demikian, pemandangan daerah Hiroshima ini menjadi lebih unik dan menarik.

Bukan hanya dari segi sudut pandang saja street view ini menarik, melainkan juga menunjukkan 28 toko, 7 tempat wisata serta 11 daerah yang didiami oleh kucing-kucing yang memang sengaja dibiarkan hidup di sana. Street view ini juga meliputi Neko no Hosomichi, yang terkenal dengan sebutan “Gang Kucing” serta jajaran toko yang menjual Maneki-neko.

Jajaran toko yang ditampilkan di Cat Street View
Jajaran toko yang ditampilkan di Cat Street View

Setiap kucing dalam street view ini mempunyai nama serta identitas loh! Mereka di antaranya adalah Kuro, Guu dan Rara.

Rara
Rara

Kuro

Kuro

Guu
Guu

Nah! Penataan website yang unik serta diisi suara-suara lucu pasti membuat pecinta kucing menyukai website ini.

Tapi, bagaimana proses pembuatan street view ini?

Para kreator dari street view ini mendokumentasikan daerah Onomichi dan Senkoji melalui kamera yang dipasang di atas kepala kucing. Pada awalnya, pemfilman ini menghasilkan rangkaian gambar yang tidak rapi serta banyak guncangan (tentu saja karena pergerakan kucing-kucing itu ^^). Kemudian mereka merangkainya serta merapikannya untuk kemudian digunakan dalam pencitraan street view ini. Tidak lupa juga ditambahkan keterangan mengenai beberapa tempat serta beberapa karakter kucing yang ada. Pastinya memakan waktu dan tenaga ya? (^^)

Baiklah, yang penasaran dengan website ini silakan berkunjung ke website ini. Eits, jangan lupa, berhubung website ini menggunakan banyak fitur navigasi, suara serta gambar, jadi kami sarankan agar perangkat anda merupakan perangkat yang dapat memuat konten grafis berat. Dan tentu juga kami rekomendasikan untuk mengaktifkan browser plugin pendukung seperti flash player.

Selamat ber-meow ria mengelilingi Hiroshima~^^