Jaman sekarang ini crowdfunding dan kickstarter semakin banyak dipakai, dan itu juga dalam dunia animanga, dan kadang ada yang memberikan hasil yang begitu besar berkat semangat para fans dimana golnya tercapai hanya dalam beberapa jam atau 1-2 hari, seperti game VR Spice & Wolf atau OVA Tsugumomo. Dan contoh baru lagi adalah OVA Planetarian Snow Globe yang golnya tercapai hanya dalam 2 hari.

Planetarian

Planetarian (~ち い さ な ほ し の ゆ め~ ‘Planetarian: Chiisana Hoshi no Yume‘) adalah sebuah kinetic novel (visual novel tanpa cabang cerita) yang dirilis oleh Key pada tahun 2004 silam setelah merilis Kanon, Air dan Clannad. Pertama kali dirilis melalui Internet tepatnya pada tanggal 29 November 2004 untuk perangkat PC Windows, dan juga berlaku untuk kalangan segala usia. Game ini juga sudah mendapat versi bahasa Inggris resmi oleh Sekai Project beberapa tahun lalu.

Bercerita tentang masa depan dimana populasi dunia sudah jauh berkurang dan permukaan bumi menjadi sangat berbahaya untuk dihuni dan ditempati. Seorang pencari material menemukan planetarium kuno yang sudah ditinggalkan, dan disana ada seorang robot penunggu planetarium tersebut yang setia menunggu pelanggan barunya dan pemiliknya untuk kembali.

Planetarian telah diadaptasi menjadi anime sebelumnya berjudul Chiisana Hoshi no Yume sepanjang 5 episode yang berdasarkan kinetic novel originalnya, dan juga film berjudul Hoshi no Hito yang berdasarkan “kisah lain” novel itu. Semuanya tayang dalam tahun 2016.

Dan minggu lalu, novel tersebut merayakan anniversary yang ke-15 tahunnya, yang dilakukan dengan membuka halaman crowdfunding di situs Campfire oleh developer Key dengan tujuan membuat adaptasi anime dari light novel side story Planetarian berjudul Snow Globe.

Anime itu berbentuk OVA dengan durasi sepanjang 25 menit, dengan Tamamura Jin yang menyutradai di studio Okuru to Noboru, Yasukawa Shogo kembali terlibat dari anime Planetarian sebelumnya untuk mengkomposisi serinya bersama Takechi Hitomi yang mendesain karakternya.

Crowdfunding tersebut memiliki gol awal sebesar 30 juta Yen, dan semangat fans terasa dengan gol tersebut tercapai hanya dalam 2 hari, dengan saat ini telah terkumpul sampai 33 juta Yen. Dikatakan jika uangnya terkumpul diatas 40 juta maka durasinya akan diperpanjang. Gol ekstra yang memungkinkan tercapai karena masih ada 53 hari sampai crowdfund itu ditutup.