Salam, para Saniwa Sage. Bagaimana nih perkembangan Aruji – sama sekalian di event Touken Ranbu kali ini? Apakah Gokotai sang tantou dengan lima harimau imut yang mengelilingi sudah kiwame?

Sebenarnya, ke lima macan yang ada di sekeliling Gokotai bukan hanya karena arti namanya, tetapi juga sejarah yang  melatar belakangi “kelahiran” Gokotai.

Dalam game Touken Ranbu, tantou dengan panjang 24.8 cm ini digambarkan dengan sosok shota anak kecil dengan surai putih agak bergelombang, dan lima anak macan putih yang menyertainya. Selain itu, penggambaran sifat karakternya pun sebagai sosok yang agak cengeng dan penakut.

Tantou yang dibuat pada Zaman Kamakura (1185 – 1333) oleh Awataguchi Yoshimitsu ini pada awalnya dimiliki oleh salah seorang utusan dari Ashikaga Yoshiteru. Waktu itu, tantou tersebut masih belum memiliki nama.

Asal – Muasal Nama

Suatu hari, utusan tersebut pergi ke Ming (China) dalam sebuah misi. Beliau akan melakukan hubungan kerja sama untuk mendapatkan simpanan dana untuk membangun Kuil Tenryuuji. Sayangnya, utusan tersebut dihadang oleh lima ekor harimau.

Utusan yang ketakutan tersebut akhirnya menarik tantounya keluar dan mengayunkannya ke arah lima harimau dengan panik tersebut sambil menutup mata. Saat ia membuka matanya kembali, kelima harimau tersebut sudah pergi.

Gokotai-2

Setelah utusan itu kembali, ia menceritakan pengalamannya ke Ashikaga Yoshimitsu dan menamai tantou itu “Gokotai”. Nama tersebut jika dipenggal per suku kata memiliki arti “Go” (五) = Lima, “Ko” (虎) = Harimau, “Tai” (退) = Mengusir. Tantou ini juga dikenal dengan nama Gokotai Yoshimitsu.

Beberapa tahun kemudian, kepemilikan tantou ini berpindah ke tangan Kaisar Ougimachi. Selanjutnya, di tahun 1559, Kaisar Ougimachi dan Ashikaga Yoshimitsu mengadakan pertemuan dengan Uesugi Kenshin. Saat itulah di mana Sang Kaisar memberikan Gokotai sebagai hadiah kepada Uesugi Kenshin. Semenjak itu lah sang tantou pengusir harimau menjadi milik Klan Uesugi.

Beberapa tahun kemudian, Kaisar Meiji datang mengunjungi Klan Uesugi. Setelah mendengar cerita tentang Gokotai, Sang Kaisar pun memutuskan untuk membandingkan tantou tersebut dengan tantou miliknya yang juga buatan Awataguchi.

Kedua bilah tantou tersebut sebenarnya memiliki panjang yang sama. Tetapi, seorang ahli pedang dari Hon’ami menyatakan bahwa tantou milik Kaisar Meiji lah yang lebih kuat. Setelahnya Sang Kaisar tertawa dan berkelakar bahwa mungkin, jika Gokotai dapat menghalau lima harimau, maka tantou yang ia pegang saat itu dapat mengusir sepuluh harimau! Toh, itu cuma tantou yang panjangnnya tidak lebih dari 30 cm.

Mungkin inilah alasan mengapa Gokotai digambarkan sebagai sosok yang cengeng dan tidak percaya diri.

“I’m um, Gokotai. I was a present for Lord Kenshin. At that time, how should I say this, I managed to pick up a story, about how I fought off lots of tigers. *sniff* But I’m really just a tantouuu….*sniff*”

Sword-Gokotai2.2

Gokotai dapat dilihat pada tanggal 1 September sampai 27 Oktober 2015 di Museum Uesugi, Perfektur Yamagata, Jepang.