Content provided by Keepo. Untuk urusan layanan email, sepertinya sekarang ini banyak banget yang nawarin, dan salah satunya yang paling sering kita gunakan adalah Gmail. Gmail sendiri memang jadi salah satu layanan Google yang sudah cukup lama, dan karena kebanyakan dari kita adalah pengguna Android, maka mau tidak mau kita juga harus memerlukan akun Google ini untuk keperluan device kita.

Namun, buat kalian yang suka menggunakan layanan Gmail ini, pernah nggak sih kepikiran ternyata ada beberapa fitur rahasia yang sebenarnya ada didalam setiap layanan Gmail? Penasaran kan? Yuk kita bahas bareng-bareng!

More article from Keepo.

1 – Kalian Bisa Mengurutkan Email Dg Mudah

Kalian Bisa Mengurutkan Email Dengan Mudah

Pernah melihat angka yang berada disebelah kiri dari tombol Settings? Yap, ternyata angka itu bisa di klik loh ya! Jika kalian klik, nantinya akan muncul pilihan untuk mengurutkan email berdasarkan yang paling baru, atau sebaliknya.

2 – Bisa Memprioritaskan Inbox Email Sendiri

Kalian Bisa Memprioritaskan Inbox Email Sendiri

Emang bisa ya? Bisa kok! Kalian cukup geser kursor mouse kalian ke bagian kanan dari tulisan Inbox seperti diatas ini, dan bisa memilih untuk memunculkan beberapa opsi, misalnya Default, Important First, Unread First dan masih banyak lainnya.

3 – Bikin Grup dari Kontak Gmail

Bikin Grup dari Kontak Gmail

Buat kalian yang pengen melakukan messaging ke grup atau teman dekat kalian, nah fitur yang satu ini bisa kalian coba. Tinggal kalian bikin email seperti biasa, kemudian klik kata “To:” pada awal kolom dan pilih “Select Contact”. Nah, tinggal masukkan saja siapa aja yang ingin dimasukkan kedalam grup, dan klik “Save as Group”.

4 – Menampilkan Email Yg Belum Terbaca Saja

Menampilkan Email Yang Belum Terbaca Saja

Banyak email yang masuk dan belum terbaca tentu aja akan menjadi masalah jika jumlahnya sangat banyak. Jangan khawatir, karena sebenarnya kalian bisa kok menampilkan email apa aja yang belum terbaca tanpa harus bingung tercampur dengan email lainnya, cukup dengan mengetikkan “is:unread” pada kolom pencarian dan lihat hasilnya!

5 – Kalian Bisa Mencari Email Yang Lawas

Kalian Bisa Mencari Email Yang Lawas

Daripada kalian melakukan klik terus menerus untuk mencari email yang sudah lawas, ternyata ada cara gampangnya kok. Misalnya, kalian ingin mencari email yang lebih lawas dari tahun 2015, maka kalian tinggal ketikkan saja “before:2015” pada kolom pencarian. Taraa! Email lama sebelum tahun 2015 pun akan muncul!

Baca Juga:

Gimana, ternyata ada banyak fitur Gmail yang selama ini mungkin kalian nggak ngerti kan? Smoga, abis baca artikel yang satu ini, kalian nggak lagi gaptek dengan segudang fitur keren yang ditawarkan oleh Gmail ini. Selamat mencoba!