Fans seri Gintama dapat bergembira minggu lalu, karena pada Hari Kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus, movie live-action kedua dari Gintama akhirnya ditayangkan, dan dihari berikutnya dirilis net spin-off live-action Gintama 2 tersebut. Tapi saat ini, ada kabar yang tak begitu menggembirakan bagi fans manga Gintama. Karena baru-baru ini telah diberikan kabar detail mengenai manga Gintama final chapter.

Ya mina-san, setelah sekian lama bercanda dan nge-troll soal tamat dan akhir seri tersebut dalam animenya, (sepertinya) akhirnya seri manga klasik tersebut benar-benar akan permanen selesai.

Dan kali ini lebih dalam lagi karena seperti yang telah dikatakan, manga Gintama telah memasuki arc final sejak bulan Juli 2016 lalu, dan memasuki klimaks arc tersebut diawal tahun 2018 ini.

Dan setelah sekitar dua tahunan, akhirnya final dari final diumumkan. Dan timingnya malah dilakukan setelah movie live-action Gintama 2 ditayangkan. Walau yah kan ini namanya Gintama, bisa saja mereka melakukan hal yang aneh disaat akhirnya nanti 😀 seri ini kan memang suka mempermainkan kokoro fans.

Eniwei, kabar final chapter Gintama ini diumumkan dalam majalah manga Shonen JUMP isu 38, yang baru dirilis. Untuk semakin memperdalam hal tersebut, cover majalahnya adalah Sakata Gintoki dalam tiga wujud, penampilannya yang digambar dalam anime, versi live-action oleh Oguri Shun, dan yang digambar Sorachi Hideaki sang mangaka.

Disitu, diumumkan kalau Manga Gintama akan tamat dalam Lima Chapter lagi. Karena Shonen JUMP dirilis mingguan, itu berarti jikalau tidak ada halangan, maka diperkirakan chapter terakhir manga Gintama akan dirilis pada akhir September nanti.

Dan telah diumumkan juga kalau smartphone app Gintama telah dirilis. App tersebut bukanlah mobage, melainkan tempat untuk membaca manga dan spin-off novel dan menonton anime Gintama.

Keputusan dan timing yang sangat bagus bagi seri Gintama merilis app tersebut. Ini bisa membuat para fans Gintama jadi dapat membaca/menonton kembali seri itu dari awal dan mengenang kembali seri animanga Gintama.

Sepertinya dengan ini anime Gintama yang baru juga bisa mengadaptasikannya sampai chapter final itu. Yang jelas, terima kasih banyak Sorachi Hideaki dan Yorozuya, karena telah memberikan kisah yang kocak, gilak, koplak, tapi juga kadang menyentuh kokoro.