Berita buruk datang lagi bagi para fans seri Gintama. Setelah beberapa waktu lalu Sorachi Hideaki memberikan pengumuman bahwa ia akan memulai arc terakhir Gintama pada tahun ini, kali ini anime Gintama diumumkan akan tamat tayangnya pada bulan Maret ini.

Pengumuman akan selesai tayangnya anime Gintama ini telah dikonfirmasi oleh para staff anime Gintama pada event Gintama Hare Matsuri 2016 yang diadakan hari minggu lalu.

Agak ironis bahwa pengumuman ini diumumkan saat anime Gintama sedang melakukan perayaan 10 tahun umur anime Gintama.

gintamatsuri

Event Gintama Hare Matsuri 2016 tersebut diramaikan dengan banyaknya pengisi suara animenya yang datang. Selain tiga pengisi suara karakter utama Gintama; Sugita Tomokazu, Sakaguchi Daisuke, Kugimiya Rie, juga datang para pengisi suara karakter pendukung; seperti Ishida Akira, Kobayashi Yuu, Suzumura Kenichi, Shimamoto Sumi, Hino Satoshi, dan lain-lainnya. Dan selain para pengisi suara, para band yang menyanyikan lagu opening dan ending anime Gintama juga datang turut memeriahkan acara tersebut. Mulai dari BLUE ENCOUNT, Negoto, ChiCo with HoneyWorks, THREE LIGHT DOWN KINGS, sampai DOES.

Sebelum menyatakan bakal tamat, beberapa dari para pengisi suara juga sempat memberikan komentar atas 10 tahun umur anime Gintama. Seperti Sugita Tomokazu, pengisi suara Sakata Gintoki, yang berkata “Banyak sekali yang melakukan perayaan Anniversary. Selamat kepada Sengoku Basara yang sudah berumur 10 tahun, kepada Cardcaptor Sakura yang sudah 20 tahun, dan kepada anime Gintama yang sudah 10 tahun. Langkah pertama untuk mencapai 11 tahun baru dimulai”.

Seri anime adaptasi manga Gintama pertama kali tayang pada tahun 2006, diproduksi oleh studio Sunrise, dan anime tersebut terus lanjut, sampai pada akhirnya secara mengejutkan anime tersebut menyatakan tamat tayang pada tahun 2010, diikuti dengan keluarnya Gintama the Movie: Benizakura-Hen pada tahun yang sama. Dan kemudian dilanjutkan lagi pada tahun 2011 sampai 2013, dan setelah itu diikuti dengan keluarnya Gintama the Movie: Final Chapter: Yorozuya yo Eien Nare.

gintama tamat

Tapi kemudian secara mengejutkan lagi, pada tahun 2015 lalu, anime Gintama menolak tamat dengan tayang kembali. Kali ini berganti studio animasi dari Sunrise menjadi Bandai Namco Pictures, dan terus lanjut, hingga akhirnya dengan pengumuman ini, akan berakhir masa tayangnya pada bulan Maret 2016 ini.

Untuk para fans Gintama, mari kita berharap ini tidak menjadi akhir total dari anime Gintama.