Mina-san yang fans seri Gintama marilah berkumpul-kumpul. Karena minggu ini adalah minggu yang penting bagi seri tersebut. Seperti yang dikatakan beberapa minggu lalu, manga Gintama akan tamat dalam 5 chapter, dan minggu ini adalah saatnya, perilisan chapter final seri tersebut. Tapi ternyata ada situasi pahit manis minggu ini. Karena ada kabar luar biasa, yaitu pengumuman kalau film live-action Gintama 2 tayang di Indonesia! DAN… manga Gintama… gajaditamat..

Wait! Chotto a Menit!! Maksudnya!? Oke kita jelaskan satu-satu dulu, dan kita mulai saja dari yang sederhana, pengumuman penayangan Indonesia Gintama 2. Kabar tersebut telah diberikan oleh distributor movie andalan kita dalam hal membawa film Jepang ke Asia Tenggara, Odex.

Mereka mengumumkan kalau Odex akan membawa Gintama 2 : Okite wa Yaburu Tame ni koso Aru ke Singapore, Malaysia, Brunei, Philipina, Vietnam, dan Indonesia. Walau tanggal tayangnya belum diberikan, tapi dikatakan kalau penayangan di Indonesia akan dilakukan pada bioskop CGV, Cinemaxx dan Platinum.

Okeee yang sederhana sudah, sekarang yang bikin geleng pala 😀 yaitu kabar gajaditamat nya manga Gintama. Hal tersebut, ada dalam chapter 698 yang dirilis minggu ini. Dalam kisah chapter tersebut, bagian halaman akhirnya Gintoki berlari sambil berteriak “PERTARUNGAN KITA! DIMULAI DI JUMP GIGA!” yang kemudian dibalas Shinpachi “TERNYATA BENERAN GA TAMAAATT!!”.

Dan untuk penjelasan detailnya akan ending tersebut, Sorachi sensei sang mangaka menjelaskannya dalam note. Pertama, ia memohon maaf kepada pembaca karena Gintama takkan muncul lagi di Shonen JUMP… tapi tetap akan lanjut..

Sorachi sensei kemudian menjelaskan kalau JUMP memiliki sistem dimana mangaka memberi kabar 6 bulan sebelumnya pada departemen editor saat ingin mengakhiri seri mereka. Tapi Sorachi sensei mengatakan ia salah baca, dan selama 3 tahun ia berpikir kalau ia belum bisa mengakhiri Gintama.

Dan dengan itu, setelah chapter final di Shonen JUMP, manga Gintama akan lanjut dan pindah dalam majalah spin-off JUMP Giga, yang akan dirilis pada musim dingin ini, dimana manga tersebut akan memiliki lebih banyak halaman per chapternya… OEI!! SORACHI SENSEEEIIIIIIIIIIII!?!?! Seneng sih! Tapi!! TAPI!!…

Comments